beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

4 Tips Pakai Retinol untuk Pemula

Kintan Lestari,
18 April 2022 13.53.29 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Tips Pakai Retinol untuk Pemula
Image: Retinol/Freepik by Photo Diod

Jakarta - Salah satu ingredients skincare yang belakangan ini lagi hype adalah retinol. Melansir Medical News Today, retinol adalah jenis retinoid, yakni kelas obat yang berasal dari vitamin A. 

Manfaat retinol untuk kulit sangat banyak. Kandungan ini bisa untuk mengurangi garis halus dengan meningkatkan produksi kolagen. Lalu merangsang produksi pembuluh darah baru di kulit, yang meningkatkan warna kulit. 

Manfaat lain dari retinol di antaranya memudarkan bintik-bintik penuaan, melembutkan bagian kulit yang kasar, juga mengurangi breakout.

Dengan segudang manfaatnya, tentu saja banyak yang tertarik mencoba produk skincare dengan kandungan retinol di dalamnya. Sayangnya, kandungan ini terbilang keras. Oleh sebab itu, beberapa orang tidak cocok menggunakannya.

Buat kamu yang belum pernah mencoba produk dengan kandungan retinol, sah-sah saja kok mencobanya. Siapa tahu cocok kan ya? Meski demikian, ada yang perlu kamu perhatikan nih seputar pemakaian retinol, Guys. Apa ya?

Berikut Urbanasia bagikan 4 tips memakai retinol untuk pemula guna meminimalisir iritasi dan kulit sensitif. 

1. Pakai dalam Dosis Kecil

1639644340-serum-freepik.jpgSumber: Ilustrasi pakai serum. (Freepik)

Untuk retinol yang dijual di pasaran, dosis yang diperbolehkan menurut Akademi Dermatologi Amerika adalah sebesar 2%. Buat kamu yang masih pemula, baiknya memulai dengan skincare yang dosis retinolnya kecil, di bawah 2%. Apalagi kalau kulitnya sensitif, lebih baik pilih yang dosisnya sangat kecil. 

Lalu kalau retinolnya berbentuk krim, ambil produk retinolnya seukuran kacang polong saja untuk diaplikasin ke seluruh wajah dan leher. Hindari mengaplikasikan kandungan ini di area mata.

2. Gunakan di Malam Hari

1640766096-serum-wajah.jpgSumber: Ilustrasi skincare dengan kandungan retinol. (Freepik)

Kebanyakan produk retinoid bersifat photolabile sehingga zatnya mudah rusak bila terpapar sinar matahari sehingga menyebabkan kulit jadi sensitif ketika berada di bawah sinar matahari. Maka dari itu, untuk pemula baiknya gunakan di waktu malam saja untuk menghindari kulit jadi sensitif. Tapi tetap jangan lupa ya pakai sunscreen di pagi hari.

3. Pakai Seminggu Sekali

1610165118-rekomendasi-serum-vit-c.jpgSumber: Ilustrasi memakai serum kandungan retinol. (Freepik)

Nggak hanya mulai dengan dosis kecil, untuk pemula, sebaiknya menggunakan retinol seminggu sekali dulu. Kalau tidak ada reaksi seperti kemerahan selama sekitar sebulan, maka boleh ditambah intensitas pemakaiannya jadi dua kali seminggu.

4. Campur dengan Pelembap

1644151700-atasi-jerawat---freepik-valuavitaly.jpgSumber: Gunakan pelembap wajah. (iFreepik/valuavitaly)

Retinol bisa terbilang kandungan yang cukup keras untuk kulit. Supaya kandungan ini jadi lebih lembut, kamu bisa campurkan dengan pelembap wajahmu. Atau bisa juga dengan mengaplikasikan pelembap lebih dulu, dan kalau sudah meresap baru pakai retinol di atasnya.

Itu dia Urbanreaders 4 tips pakai retinol untuk pemula. Misalnya dengan tips-tips di atas kulitmu tidak bermasalah, boleh deh ditambah lagi dosis dan intensitas pemakaian retinolnya. So, selamat mencoba!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait