Hot News

Surabaya - Ribuan jamaah Masjid Al-Akbar Surabaya mengikuti salat Idul Adha pada Jumat (31/7/2020) pagi ini, Urbanreaders.

Berdasarkan pantauan Urbanasia di lokasi, para jamaah mulai memadati area Masjid Al-Akbar Surabaya sejak pukul 05.00 WIB. Tak ada satupun jamaah hadir tanpa mengenakan masker dan ID Card.

Protokol kesehatan yang ketat pun telah diterapkan sebelum jamaah masuk ke area masjid. Panitia penyelenggara salat Idul Adha 1441 H Masjid Al-Akbar Surabaya telah berjaga di dua pintu masuk yang sengaja dibagi untuk jamaah perempuan dan laki-laki.

Baca Juga: Jamaah 'Bandel' saat Salat Idul Adha di Jateng Bakal Dipulangkan

1596175481-Solat-idul-adha-(2).jpgSumber: Jamaah Masjid Al Akbar Surabaya/Nivita Saldyni.

Di dua pintu masuk ini, mereka akan dicek suhu tubuh menggunakan thermo gun sebelum kemudian melewati tenda disinfektan milik BPBD Jatim. Setelah itu, para jamaah juga diwajibkan menggunakan hand sanitizer yang telah disiapkan oleh panitia, guys.

Selama salat, masker tetap digunakan. Bahkan jarak jamaah pun diatur dengan stiker ‘shaf jamaah’ yang telah ditempel panitia sebelumnya. Ribuan jamaah ini memenuhi hampir seluruh area lantai 1 dan 2 masjid Al-Akbar Surabaya.

Sebelumnya, Humas Masjid Al-Akbar Surabaya, Helmy M. Noor telah mengatakan bahwa kondisi pandemi COVID-19 yang belum membaik telah membuat pihaknya terpaksa membatasi jumlah jamaah salat kali ini.

"Kapasitas Masjid Al-Akbar Surabaya mencapai 40 ribu jamaah. Tapi di masa pandemi ini, salat Idul Adha hanya diikuti 5.000 jamaah," katanya, Senin (13/7/2020).

1596175491-Solat-Idul-Adha-Surabaya.jpgSumber: Jamaah Masjid Al Akbar Surabaya/Nivita Saldyni.

Helmy merinci, 5.000 jamaah ini diperuntukkan 2.691 jamaah laki-laki dan 2.309 jamaah perempuan. Namun dari data terakhir yang didapatkan Urbanasia pada 28 Juli lalu, setidaknya 3.010 jamaah yang terdiri dari 1.640 jamaah laki-laki dan 1.370 jamaah perempuan telah terverifikasi mengikuti salat Idul Adha pada hari ini.

Salat Idul Adha di Masjid Al-Akbar pagi ini dimulai pukul 06.00 WIB dan diimami oleh KH Ahmad Muzakky Alhafidz. Kegiatan dilanjutkan dengan khotbah yang dibawakan oleh Ustadz Thobib Dzikrul Hasan dan berakhir sekitar pukul 06.45 WIB.

Meski jamaah kali ini dibatasi, namun salat Idul Adha di Masjid Al-Akbar tetap berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

 

 


Loading ..