menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Roket NASA Sukses Mengangkasa Menuju Mars

Afid Ahman,
10 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roket NASA Sukses Mengangkasa Menuju Mars
Image: ABC News

Jakarta - Badan Penerbangan dan Antariksa AS  (NASA) sukses menerbangkan roket Atlas V milik United Launch Alliance yang membawa wahana antariksa tak berawak generasi terbaru, Perseverance, ke Planet Mars.

Roket meluncur dari Cape Canaveral Air Force Station di Florida, Amerika Serikat pada Kamis (30/7/2020) pukul 07.50 pagi EDT atau sekitar 18.50 WIB.

NASA mengatakan perjalanan menuju Mars akan ditempuh selama tujuh bulan. Mereka memperkirakan Perseverance mendarat di Kawah Jezero Mars pada 18 Februari 2021.

Setibanya di Planet Merah, Perseverance menjalankan misi mencari tanda-tanda kehidupan di sana. Ia akan mengumpulkan sampel, menerbangkan sebuah helikopter mini, dan melakukan penelitian rumit lainnya.

Untuk diketahui, saat ini sudah ada tiga roket yang terbang menuju Mars, yakni milik Uni Emirat Arab, China, dan Amerika Serikat. Bagi Uni Emirat Arab dan China menjadi misi pertama ke Mars, sementara AS sudah ketiga kalinya

Kendati jarak penerbangan ketiganya tidak terpaut jauh, masing- masing punya misi yang agak berbeda.

Seperti disebutkan sebelumnya, AS mengirimkan rover Perseverance yang akan meneliti tanda kehidupan di planet tersebut.

Uni Emirat Arab akan mengirim orbiter atau sejenis satelit yang akan meneliti atmosfer Mars. Sementara China mengirim dua misi sekaligus untuk meneliti kehidupan dan alam di sana.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait