menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Roundup Top 5 News Urbanasia, 23 April 2021

Urbanasia,
15 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roundup Top 5 News Urbanasia, 23 April 2021
Image: Merapi luncurkan awan panas guguran (Foto: BNPB)

 

Jakarta  --  Kekhawatiran pemerintah Indonesia terhadap meningkatnya kasus COVID-19 di India berujung pada pelarangan masuk bagi warga negara India dan Warga Negara Asing (WNA) yang berkunjung ke negara tersebut. 

Tak hanya pemerintah, pandemi juga membuat kelimpungan klub sepakbola asal Catalan, Barcelona, yang masih ingin memperjuangkan terlaksananya European Super League demi keuangan klub yang lebih baik.  

Lalu bagaimana progres pencarian KRI Nanggala-402 yang sudah berlangsung 2 hari? Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak rangkuman berita hari ini di Roundup Top 5 News Urbanasia.

1. Pemerintah Larang Warga India Masuk ke Indonesia 

1619174432-publikasi-1619114394-6081b99ad812f.jpegSumber: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto (Foto: Kemenko)

Demi mencegah penambahan kasus COVID-19, pemerintah telah melarang warga India, atau warga negara asing (WNA) yang masuk ke India berkunjung ke Indonesia. Kebijakan tersebut akan berlaku pada 25 April 2021. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, kebijakan tersebut diambil menyusul negara lain yang telah melarang masuk warga negara India atau mereka yang berkunjung ke negara tersebut.

Negara yang telah melarang adalah Hong Kong, Selandia Baru, Pakistan, Arab Saudi, dan Singapura. Pelarangan masuk Indonesia tidak berlaku bagi WNI yang sempat singgah di India. Nantinya, WNI yang masuk akan dikarantina sesuai dengan protokol kesehatan ketat. 

Baca Juga: Roundup Top 5 News Urbanasia, 22 April 2021 

2. Fasilitasi Karyawannya Umrah Setiap Tahun, Penyuap Edhy Prabowo Divonis Ringan 

1619165400-sidang-suharjito-2.jpegSumber: Sidang terdakwa Suharjito di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (21/4/2021).

Suharjito, penyuap eks Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo resmi divonis dua tahun penjara serta denda Rp 250 juta subsider tiga bulan kurungan. Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum KPK. Sebelumnya, direktur PT Dua Putera Perkasa Pratama (PT DPPP) itu dituntut dihukum tiga tahun penjara denda Rp 200 juta subsider enam bulan kurungan.

Hal yang meringankan Suharjito yaitu belum belum pernah dipidana, menjadi tulang punggung keluarga, kooperatif dalam peradilan, dan berterus terang. Terdakwa juga menjadi gantungan hidup 1.250 karyawan PT DPPP, setiap tahun memberikan kesempatan 10 karyawan/karyawati umat Islam beribadah umrah dan yang nonmuslim berziarah ke tanah suci sesuai kepercayaan masing-masing.

3. KRI Rimau Deteksi Titik Magnet di Wilayah Pencarian KRI Nanggala-402

1619155389-kri-nanggala.jpgSumber: KRI Nanggala 402 (Foto: Antara)

Setelah 2 hari hilang kontak, pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 akhirnya menunjukkan titik terang. Kapuspen TNI, Mayor Jenderal Achmad Riad menyampaikan, jika KRI Rimau telah mendeteksi satu titik magnet cukup kuat di wilayah pencarian KRI Nanggala-402. 

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono menyebut, KRI Rimau telah menemukan titik-titik magnet berkekuatan tinggi pada kedalaman sekitar 50 sampai 100 meter dalam kondisi melayang. Nantinya, temuan dari KRI Rimau tersebut, rencananya bakal ditindaklanjuti oleh KRI Rigel. Sementara ini wilayah pencarian KRI Nanggala-402 masih terkonsentrasi di perairan utara Bali. 

4. Merapi Luncurkan Awan Panas dan Abu Vulkanik, Masyarakat Dihimbau Waspada  

1619181604-20210423-193232.jpgSumber: Merapi luncurkan awan panas guguran (Foto: BNPB)

Gunung Merapi kembali muntahkan awan panas guguran (APG) dengan jarak luncur sekitar 2 KM, Jumat (23/4) pukul 11.20 WIB. Merapi juga mengeluarkan abu vulkanik setinggi 300 meter dari atas puncaknya.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menghimbau masyarakat agar mewaspadai bahaya lahar dingin, terutama saat terjadi hujan di seputar puncak Merapi. Bagi masyarakat yang tinggal di wilayah terdampak abu vulkanik diharapkan tidak melakukan aktivitas di luar rumah dan selalu menggunakan masker untuk mengurangi dampak yang dapat ditimbulkan.

5. Barcelona Setia dengan European Super League 

1619169945-twitter-EznLg7rXEAEso1u.jpgSumber: Barcelona Setia dengan European Super League (Foto: Twitter @FCBarcelona)

Barcelona bersikeras untuk tetap mengikuti European Super League. Bagi klub Catalan tersebut, wacana European Super League harus tetap dijalankan demi kebaikan sepakbola ke depannya. Sebab pandemi sudah membuat klub-klub Eropa kelimpungan, terutama Barcelona yang utangnya menumpuk.

"Ada kebutuhan untuk mengubah struktur agar finansial bisa terjamin dan sepakbola bisa berjalan dengan layak. … Maka dari itu manajemen Barcelona langsung sepakat dengan ide European Super League yang dibuat untuk menambah daya tarik serta kualitas pertandingan yang diberikan kepada fans secara bersamaan. Barcelona selalu berprinsip bahwa formula yang dipakai harus bisa menguntungkan semua pihak." ujar penyataan resmi Barcelona.

 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait