beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Sambut Hari Menanam Pohon, Djarum Foundation Bagi Bibit Tanaman Gratis

Nivita Saldyni,
24 November 2022 20.29.24 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sambut Hari Menanam Pohon, Djarum Foundation Bagi Bibit Tanaman Gratis
Image: Vice President Director Djarum Foundation F.X. Supanji. (Istimewa)

Kudus - Menyambut Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang diperingati setiap tanggal 28 November, Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) ajak masyarakat cintai lingkungan. Salah satu caranya adalah dengan menanam pohon sebagai bentuk aksi nyata dalam upaya pengendalian iklim.

Hal ini sebagaimana disampaikan Vice President Director Djarum Foundation F.X. Supanji dalam talkshow ‘Penanaman Pohon sebagai Tindakan Nyata untuk Pengendalian Perubahan Iklim’ di Oasis PT Djarum, Kudus pada Rabu (23/11/2022). 

"Djarum mengajak masyarakat cinta lingkungan. Kita semuanya ini bisa hidup karena di mana kita berpijak (bumi)," ujar Supanji. 

“Setiap tahunnya, BLDF melalui program Djarum Trees for Life (DTFL) telah konsisten melakukan kegiatan pelestarian lingkungan melalui penanaman pohon dan mangrove bersama masyarakat, utamanya generasi muda. Rata-rata, setiap tahunnya DTFL menanam 60.000 aneka ragam bibit tanaman di berbagai lokasi di Indonesia,” sambungnya. 

Menariknya, bibit-bibit tanaman tersebut diproses dan disemai di Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) BLDF yang belokasi di Kudus. Total ada 360 jenis bibit tanaman yang dikoleksi di PPT BLDF Kudus, termasuk di antaranya 22 jenis tanaman langka, loh. 

Nah Urbanreaders yang ingin bersama-sama melakukan aksi nyata untuk bumi bisa mendapatkan bibit-bibit ini secara gratis. Sebab, pada kesempatan yang sama, Program Associate BLDF Abdurrachman Aldila mengaku pihaknya secara rutin membagikan bibit gratis ke masyarakat sebagaimana sejalan dengan program pembagian bibit yang juga digalakkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

1669209936-Aldila.jpgSumber: Program Associate BLDF Abdurrachman Aldila. (Istimewa)

"Untuk memastikan bibit yang disemai dapat tumbuh dengan baik, serta mengembangkan teknik perawatan tanaman dengan hasil paling efektif, PPT Kudus juga bekerja sama dengan peneliti dan akademisi," jelasnya. 

Bahkan sejak PPT didirikan pada 1979 hingga saat ini, Aldila menyebut sudah ada lebih dari 2,3 juta pohon uang ditanam pihaknya dan tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut meliputi sekitar 360 lebih jenis tanaman seperti Trembesi, Beringin, Cassia, Jatin, Flamboyan, dan lainnya.

"Di PPT kami menerima pembantuan bibit kepada seluruh masyarakat, baik itu instansi, organisasi, kampus, siapa pun bisa bekerja sama dengan kami nanti kami bantu bibit gratis," ungkap Aldila. 

"Kalau perorangan kami bagikan satu orang hanya dua bibit. Tapi kalau punya komunitas atau kawasan yang ingin ditanami bisa kirim proposal dan kami bantu bibit gratis dalam jumlah besar," jelasnya lebih lanjut. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait