Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Samsung Rilis Sensor Kamera 200 MP untuk Ponsel

Afid Ahman,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Samsung Rilis Sensor Kamera 200 MP untuk Ponsel
Image: Ponsel lipat Samsung (Collegenp)

Jakarta - Samsung resmi merilis sensor Isocell HP1 yang diperuntukan untuk kamera ponsel. Sensor tersebut menawarkan resolousi hingga 200 MP. Isocell HP1 diklaim sebagai sensor kamera ponsel pertama di dunia hang menawarkan resolusi tersebut.

Samsung membuat Isocell HP1 mengusung format 1/1,22 inci dengan ukuran native tiap piksel 0,64 mikron. Sensor Isocell HP1 dapat memilih untuk menggunakan semua 200 megapiksel sebagai piksel 0,64 mikron individual. Ini berarti ini bukan ukuran piksel individu terbesar yang pernah terlihat di kamera smartphone

Menggunakan teknologi pixel-binning yang oleh Samsung disebut ChameleonCell, gambar dapat ditangkap dalam sejumlah resolusi yang sesuai dengan pengaturan. 

Binning piksel 4x4 yang dirancang untuk meningkatkan kinerja cahaya rendah menghasilkan bidikan 12,5 megapiksel, sedangkan binning 2x2 menghasilkan bidikan 50 megapiksel. Isocell HP1 juga mampu menghasilkan gambar beresolusi penuh 200 megapiksel.

“Dalam lingkungan dengan pencahayaan rendah, HP1 berubah menjadi sensor gambar 12,5MP dengan piksel 2,56μm besar dengan menggabungkan 16 piksel. Piksel 2,56μm yang baru terbentuk mampu menyerap lebih banyak cahaya dan sensitivitas, menghasilkan foto yang lebih cerah dan lebih jelas di dalam ruangan atau di malam hari,” ujar Samsung dalam blog resminya.

1630752816-isocell.jpegSumber: Sensor Isocell HP1 (Samsung)

Sensor baru ini juga mampu merekam video 4K UHD dan 8K pada 30fps tanpa pemotongan apa pun bahkan saat menggunakan mode binning piksel 2x2. Selain itu sensor Isocell HP1 mampu merekam 4K dengan 120 FPS, serta perekaman gambar dengan bidang pandang yang lebih lebar.

Bersamaan dengan sensor kamera 200 megapiksel yang revolusioner ini, Samsung turur memperkenalka ISOCELL GN5. Mendung 50 megapiksel, sensir ini memiliki piksel 1,0μm.

Samsung mengklaim ini adalah sensor piksel 1,0μm pertama yang mengintegrasikan teknologi Dual Pixel Pro-nya.

Samsung tidak membagikan perincian tentang kapan ISOCELL HP1 atau ISOCELL GN5 akan mulai diproduksi. Namun mereka telah mengirimkan sampleke OEM smartphone. Akan sangat menarik untuk melihat perangkat mana yang akhirnya mengemas sensor terbaru ini.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait