beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Sandiaga Uno: Pandemi COVID-19 Paksa Pelaku UMKM Tetap Kreatif

Shelly Lisdya,
sekitar 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sandiaga Uno: Pandemi COVID-19 Paksa Pelaku UMKM Tetap Kreatif
Image: Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam pembukaan Wall of Fades 2021, Selasa (25/5/2021). (Zoom)

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menyebut, sejak pandemi COVID-19, pelaku UMKM dan ekonomi kreatif dipaksa untuk tetap kreatif dan produktif.

"COVID-19 memaksa kita untuk terus meningkatkan kreatifitas. Dengan ekonomi kreatif, kita akan mampu menankap peluang di masa mendatang," ungakpnya dalam pembukaan Wall online Fades 2021, Selasa (25/5/2021).

Sebeumnya, Sandiaga pernah menyinggung terkait tiga hal yang menjadi kunci kebangkitan UMKM dan ekonomi kreatif di tengah pandemi COVID-19, yakni antara lain memiliki keterampilan-keterampilan baru yang berkaitan dengan protokol kesehatan (prokes) dan digitalisasi. 

Kedua adalah memasuki era ekonomi baru dan terakhir adalah 3G, yakni gerak cepat, gerak gerak bersama dan garap semua potensi yang ada.

Dengan demikian, apabila sudah memenuhi syarat tersebut maka para industri kreatif mampu bersaing di tingkat regional ataupun internasional.

Di sisi lain, ternyata UMKM dan ekonomi kreatif di Indonesia masih belum menguasai itu. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Muhammad Neil El Himam.

Menurutnya, kekurangan yang dimiliki pelaku UMKM atau ekonomi kreatif bersaing di pasar adalah segi kualitas.

"Untuk desain, saya lihat sudah bagus. Tetapi kekurangan adalah kualitas, sudah banyak contoh. Misalnya penggunaan plastik yang kurang tepat untuk produk ini," katanya.

Untuk itu, ia berharap ke depan pelaku UMKM dan ekonomi kreatif dapat bersaing dan meningkatkan kualitas produk mereka.

"Saya yakin kualitas UMKM itu bisa. Intinya tinggal diperbaiki dan menarik lagi," pungkasnya.

FYI nih guys, Wall Online Fades kembali dogelar oleh Darahkubiru dengan berkolaborasi bersama TEAMUP. Event ini diselenggarakan pada 19 hingga 31 Mei 2021, ditayangkan secara live di walloffades.id.

Wall Online Fades sendiri merupakan sebuah transformasi digital kedua dari ajang Wall of Fades yang secara konsisten sukses diselenggarakan oleh Darahkubiru selama 12 tahun terakhir.

Tak hanya itu, Wall of Fades juga merupakan event pameran sekaligus marketplace bagi para brand lokal Indonesia, baik brand-brand besar yang sudah ternama maupun deretan brand baru yang siap sukses dari kerja keras. 

Visi dan misinya tak lain adalah memberikan edukasi mengenai denim dan juga mengenalkan industri kreatif lokal kepada masyarakat luas.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait