menu
user
URsport

Sanksi untuk Pemain di IBL 2021: Rp 5 Juta Sampai Dicoret

Rezki Maulana,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sanksi untuk Pemain di IBL 2021: Rp 5 Juta Sampai Dicoret
Image: IBL 2021 digelar dengan protokol ketat. (iblindonesia.com)

Bogor - IBL 2021 akan menerapkan protokol kesehatan ketat saat menggelar turnamen di tengah pandemi virus corona. Mulai dari denda sebesar Rp 5 juta hingga dikeluarkan dari turnamen.

Setelah tertunda di awal tahun, IBL 2021 akhirnya dihelat juga mulai Rabu (10/3) hari ini. Kompetisi bola basket tertinggi tanah air itu tak lagi menganut sistem seri per kota. Empat seri nantinya akan dihelat dengan sistem bubble, terpusat di satu wilayah.

Untuk empat seri reguler, IBL dihelat di Robinson Resort Cisarua, Bogor pada 10 Maret hingga 10 April, sementara fase kedua hingga final akan dihelat di Mahaka Square Arena, Kelapa Gading mulai 7 Mei hingga 6 Juni 2021.

Nah, karena turnamen IBL kali ini dihelat secara buble, maka ada peraturan ketat yang diberlakukan. Dikutip Manual Book IBL, para peserta akan melakukan tes swab sebanyak 10 kali. Tujuh kali di antaranya dilakukan peserta di lokasi pertandingan.

Tiga di antaranya sudah mereka lakukan pada 1, 6, dan 8 Maret lalu saat akan memasuki kawasan resort. Selain itu, operator IBL akan memberlakukan sanksi tegas bagi para pemain atau siapapun yang melanggar aturan ketat.

Sanksi ini berupa denda Rp 1 juta hingga Rp 5 juta, hingga dikeluarkan dari kegiatan. Operator kompetisi berharap aturan ketat ini bakal menekan angka penularan virus corona.

Apalagi beberapa klub seperti Pelita Jaya dan Bima Perkasa Jogja sudah terpapar virus corona, sehingga membuat laga pertama mereka tertunda. Dari Bima Perkasa ada Rachmad Febri Utomo dan ada dua pemain dari Pelita Jaya.

Alhasil laga Bima Perkasa kontra Satya Wacana pada hari ini harus tertunda, sementara Pelita Jaya baru bermain 17 Maret. IBL 2021 dibuka laga NSH Mountain Gold Timika dengan Indonesia Patriots.

Jadwal IBL 2021

Fase Pertama : Robinson Cisarua Resort Bogor
Seri I pada 10-15 Maret
Seri II pada 18-23 Maret
Seri III 26-31 Maret
Seri IV 5-10 April

Fase Kedua : Mahaka Square Arena Kelapa Gading
Babak playoff pada 23-25 Mei
Semifinal pada 27-29 Mei
Sedangkan final IBL pada 3, 4, dan 6 Juni (format best of three)

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait