Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Sebelum Berutang ke Bank, Pertimbangkan Dulu 4 Hal Ini

Gagas Yoga Pratomo,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sebelum Berutang ke Bank, Pertimbangkan Dulu 4 Hal Ini
Image: Ilustrasi memberikan uang (Pixabay/Raten-Kauf)

Jakarta - Memiliki kondisi finansial yang stabil dan terbebas dari segala utang menjadi salah satu keinginan banyak orang. 

Namun, ada kalanya kebutuhan hidup memaksa kita untuk mau tidak mau mengajukan pinjaman ke pihak lain, salah satunya ke bank. 

Berutang memang bukan sesuatu yang salah, namun harus ada hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit atau berutang ke bank. 

Berikut telah Urbanasia rangkum dari berbagai sumber mengenai 4 hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengajukan pinjaman atau berutang ke bank. Berikut pembahasannya. 

1. Kondisi finansial keluarga

Ketika memutuskan untuk berutang, tentunya kamu harus membayarkan sejumlah uang secara rutin sesuai jatuh tempo pinjaman. 

Jika kondisi finansial keluarga sedang minus, tentunya kamu akan kesulitan dalam membayar utang, sebab untuk kebutuhan pokok saja masih kurang.

Maka dari itu, penting mempertimbangkan kondisi finansial keluarga sebelum memutuskan berutang ke bank, agar proses pembayaran utang ke depannya tetap berjalan lancar. 

2. Perhatikan bunga dan aturan pinjaman

Ketika mengajukan pinjaman atau berutang ke bank, maka akan ada sejumlah bunga pinjaman yang harus kamu bayarkan pada pihak bank. 

Sebagai calon peminjam, kamu harus memperhatikan apakah bunga yang diberikan bank cocok dan sesuai dengan kondisi finansialmu. Jika cocok, selanjutnya pahami aturan pinjaman yang diberikan oleh pihak bank. 

Dalam aturan tersebut ada hak dan kewajiban kamu sebagai pihak peminjam. Hal ini sangat penting agar kamu tidak terjebak dengan aturan yang diberikan lembaga keuangan. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait