Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Tips Cara dan Langkah Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda

Deandra Salsabila,
16 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tips Cara dan Langkah Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda
Image: Ilustrasi keuangan. (Freepik)

Jakarta - Kebebasan finansial adalah istilah yang tidak asing di telinga kita. Setiap orang yang bekerja pasti menginginkan untuk mencapai kebebasan finansial. Tidak perlu bekerja, dan uang yang akan bekerja untuk kita.

Kebebasan finansial adalah suatu keadaan, ketika kita mencapai saving yang cukup banyak dan relatif aman dan hasilnya dapat mencukupi setiap kebutuhan hidup kita dengan gaya hidup yang kita inginkan.

Kondisi finansial freedom memperlihatkan jika uanglah yang bekerja untuk kita dan sering dinamakan sebagai passive income.

Saving dapat kita lakukan dengan berbagai cara, seperti melakukan investasi melalui reksa dana, saham, properti dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa aktivitas saving & investing:

1. Saving & Investing = Consumption

Ini adalah kondisi seimbang yang mana tabungan dan investasi berada dalam jumlah yang seimbang dengan pengeluaran kita.

Aktivitas ini menggunakan 50 persen dari income untuk konsumsi dan sisanya ditabung dan diinvestasikan. Pola ini cocok untuk anak muda yang belum menikah karena kewajiban atau liability atau utang belum ada. Kamu dapat meningkatkan tabungan jumlah tabungan melalui investasi reksa dana.

2. Saving & Investing = Consumption – Debt

Pada pola ini, investasi dan tabungan akan lebih sedikit jumlahnya karena adanya kewajiban utang atau pengeluaran. Tahap ini biasanya dialami oleh pasangan yang sudah berkeluarga.

Pada pola ini, dalam menjaga keseimbangan antara saving, investment & consumption saja tidak cukup. Kamu perlu menyiasatinya agar terbebas dari utang. Kamu harus terbebas dari utang jika ingin mendapatkan kebebasan finansial. Maka, jadikan prioritas nomor satu untuk membebaskan diri dari setiap utang. 

3. Saving & Investing = Consumption – Debt + Protection

Bagi pasangan yang sudah memiliki anak, aktivitas pada pola ini adalah yang paling bijak. Meski tingkat alokasi dana untuk tabungan investasi tidak sebesar pada pola yang sebelumnya, hal ini dikarenakan alokasi dana untuk proteksi (manajemen risiko) yang biasanya dalam bentuk premi asuransi.

Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

1611151641-Ilustrasi-Perencanaan-Keuangan-Masa-Deoan-(2).jpgSumber: Ilustrasi Perencanaan Keuangan Masa Depan. (Prudential Indonesia)

Setelah mengikuti beberapa aktivitas saving & investing, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan jika ingin mencapai kebebasan finansial:

1. Ketahui Setiap Pengeluaran Kamu

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan untuk mencapai kebebasan keuangan adalah dengan memiliki anggaran belanja yang tercatat dan terperinci. Setiap receh uang kamu sekecil apapun harus tercatat dalam sebuah pembukuan.

Hal ini dapat membuat kamu semakin sadar dengan kondisi keuangan sendiri sehingga mampu melakukan keputusan perihal keuangan. Di era digital ini, sudah cukup banyak cara dan alat yang dapat kamu gunakan untuk mencatat rincian pengeluaran bulanan.

2. Miliki Penghasilan Tambahan

Jika penghasilan kamu saat ini hanya dalam mencukupi kebutuhan pokok, ada baiknya kamu memiliki penghasilan tambahan dari pekerjaan sampingan.

Ada banyak jenis pekerjaan lain yang dapat kamu gunakan sebagai batu loncatan dalam meraih kebebasan keuangan. 

Ada banyak orang yang sukses dengan online shop mereka di samping mereka yang berwirausaha dalam bisnis makanan. Ada begitu banyak peluang usaha dan kerjaan sampingan yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan income tambahan.

3. Pay Yourself First

Untuk mencapai kebebasan finansial, kamu perlu mempersiapkan uang untuk masa depan. Ini dinamakan dengan Pay Yourself First. Banyak orang beranggapan jika menabung adalah menyisihkan uang mereka setelah setiap alokasi pengeluaran.

Ketika kita berbicara mengenai Pay Yourself First, kamu harus mendahulukan kepentingan masa depan, yaitu tabungan. Kamu bisa memprioritaskan tabungan yang dapat dimasukkan dalam investasi

Investasi memang salah satu kendaraan ampuh yang dapat mengantarkan kamu kepada kebebasan finansial. Banyak jenis investasi yang dapat digunakan, seperti Reksa Dana, Saham, Investasi Emas dan lainnya.

Dengan berbagai tingkat risiko yang ada, kamu perlu mempelajarinya dengan teliti dan memiliki pengalaman yang dapat mengajari kamu untuk semakin handal menjadi seorang investor.

4. Miliki Mentor

Ini mungkin salah satu tips paling penting dalam hal kesuksesan dalam kebebasan finansial. Temukan mentor yang benar-benar serius dalam semua hal yang mereka lakukan dalam mencapai kebebasan finansial.

Jika kamu tidak memiliki teman atau keluarga yang mentor layak di mata kamu, carilah melalui internet. Ada begitu banyak orang sukses dalam kebebasan keuangan yang tidak pelit dalam berbagi ilmu. Kamu dapat mempelajari gaya hidup mereka.

5. Bebaskan Diri Dari Utang

Mungkin kamu pernah membaca mengenai utang positif, seperti meminjam dana dari bank untuk usaha yang kamu kelola. Utang seperti itu memang masih direkomendasikan oleh beberapa pakar ekonomi.

Namun, kamu tetap harus mengatur arus kas agar bisa terbebas dari utang. Kebebasan finansial itu memungkinkan kamu untuk memiliki rasa tenang dalam menjalani kehidupan keuangan.

6. Siapkan Dana Darurat

Dana darurat perlu dipersiapkan mengingat ketidakpastian yang ada di masa depan. Dengan adanya dana darurat kita akan terhindar dari utang yang dapat mengganggu kondisi keuangan kita di kemudian hari.

Untuk kamu yang masih single diperlukan jumlah dana darurat sebesar 6 kali pengeluaran bulanan. Jika kamu yang sudah berkeluarga bisa mencapai 9 kali pengeluaran bulanan. Jumlah akan semakin meningkat hingga 12 kali pengeluaran bulanan jika kamu sudah memiliki anak. 

Nah, terdapat beberapa tahap sebelum mencapai kebebasan finansial. Lalu, di tahap manakah kamu berada saat ini?

1611151625-Ilustrasi-Perencanaan-Keuangan-Masa-Deoan-(1).jpgSumber: Ilustrasi Perencanaan Keuangan Masa Depan. (Pixabay)

1. Financial Protection

Ini merupakan suatu kondisi keuangan yang mana kita mempunyai cukup uang untuk memenuhi pengeluaran bulanan minimum, untuk 2 bulan sampai 24 bulan tanpa harus bekerja.

2. Financial Security

Ini adalah kondisi keuangan ketika kita mempunyai investasi cukup banyak yang relatif aman, dan hasilnya dapat mencukupi kebutuhan diatas minimum tanpa harus bekerja lagi, kecuali bila kita memilih untuk bekerja.

3. Financial Vitality

Kondisi ini adalah ketika keuangan kita mencapai investasi cukup banyak yang relatif aman, dan hasilnya tidak hanya bisa mencukupi kebutuhan pada tingkat Financial Security (di atas minimum) melainkan juga bisa mencukupi kebutuhan sekunder tanpa harus bekerja, kecuali bila kita memilih untuk bekerja.

4. Financial Independence

Suatu kondisi keuangan kala kita mencapai investasi cukup banyak yang relatif aman, dan hasilnya mencukupi kebutuhan kita untuk hidup persis dengan gaya hidup kita yang sekarang. Maka, kita bebas tidak bekerja.

5. Financial Freedom

Ini adalah kondisi keuangan saat kita mencapai investasi cukup banyak yang relatif aman, dan hasilnya mencukupi kebutuhan kita untuk hidup dengan gaya hidup yang kita inginkan, yaitu lebih baik dari gaya hidup sekarang.

Secara keseluruhan, kebebasan keuangan sebetulnya berbicara mengenai kontrol tentang pengeluaran kita dan kebebasan finansial yang kita dapatkan sangat berpengaruh pada gaya hidup kita saat ini.

Beberapa orang yang memiliki gaya hidup sederhana dapat mencapai kebebasan finansial lebih cepat daripada mereka yang memiliki gaya hidup mewah.

Artikel ini hasil kolaborasi Urbanasia dan Finansialku.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait