Hot News

Monza - Lewis Hamilton boleh berjaya di F1 GP Tuscan 2020. Tapi, sorotan milik Alexander Albon yang baru saja mencatatkan sejarah baru. Apa itu?

Hamilton sebagai pemegang pole pada balapan di Monza, Minggu (13/9/2020) malam WIB, tampil agresif sejak awal dan langsung mengamankan posisi terdepan.

Tapi, drama malah terjadi di barisan belakang Hamilton menyusul mobil Max Verstappen yang tiba-tiba mati dan harus didorong keluar lintasan. Pierre Gasly yang jadi pemenang pekan lalu bernasib sial karena menyenggol mobil Verstappen dan harus out.

Setelah drama di lap pertama itu, terjadi lagi di lap keenam saat empat balapan saling tabrakan yakni Antonio Giovinazzi, Nicolas Latifi, Kevin Magnussen, Carlos dan Sainz. Bendera merah pun dikibarkan dan seluruh pebalap masuk ke lap.

Hamilton masih memimpin balapan saat restart diikuti Valtteri Bottas dan Charles Leclerc. Lance Stroll menyodok Leclerc pada lap ke-18. Leclerc lantas perlahan menurun karena Ferrari kembali bermasalah.

Persaingan sengit terjadi antara Daniel Ricciardo, Stroll, dan Albon untuk posisi ketiga serta keempat. Hamilton dan Bottas masih aman di dua posisi terdepan.

Stroll kemudian keluar lintasan pada lap ke-44 dan membuat balapan dihentikan lagi. Duel seru terjadi ketika balapan dimulai lagi saat Albon coba menyalip Ricciardo yang ada di posisi ketiga.

Sampai akhirnya di lap ke-50, Albon berhasil menyalip Ricciardo untuk mengunci posisi ketiga hingga akhir balapan.

Sementara, Hamilton memenangi balapan GP Tuscan diikuti oleh Bottas di posisi kedua. Duo Ferrari, Leclerc cuma finis kesembilan dan Sebastian Vettel di posisi ke-10 dari 12 pebalap tersisa.

Albon asal Thailand mencatatkan sejarah sebagai pebalap ASEAN pertama yang mejejaki podium F1. Sebelumnya Alex Yoong (Malaysia) dan Rio Haryanto (Indonesia) tidak pernah melakukannya.

Padahal hasil terbaik Albon sepanjang kariernya di F1 adalah finis keempat di Jepang tahun lalu dan Styria tahun ini.

Albon menempati posisi kelima klasemen dengan 63 poin, Hamilton masih teratas dengan 190 poin, meninggalkan Bottas dengan 135 poin di posisi kedua.


Loading ..