beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Sejarah Desa Penglipuran, Desa Terbersih di Indonesia

Hanisa Sutoyo,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sejarah Desa Penglipuran, Desa Terbersih di Indonesia
Image: Pinterest/Atta Mesari Villas

Jakarta – Tak hanya wisata alamnya yang memukau, Bali juga memiliki sejumlah desa yang unik dan menarik untuk kamu datangi loh. Salah satunya Desa Penglipuran, yang merupakan desa terbersih di Indonesia.

Wilayah yang sejak tahun 1993 menjadi desa wisata ini terletak di Jalan Penglipuran, Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli.

Melansir situs Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Bangli, diketahui para leluhur penduduk desa ini datang dari Desa Bayung Gede, yang ada di Kintamani.

Nama ‘Penglipuran’ sendiri berasal dari kata Pengeling Pura yang mempunyai makna tempat suci untuk mengenang para leluhur.

Berdasarkan cerita masyarakat setempat, pada zaman dahulu, Raja Bangli memerintahkan rakyatnya untuk mengerjakan proyek di Desa Kubu. 

Karena mereka patuh dan melakukan pekerjaannya dengan sunguh-sungguh, maka diberikanlah hadiah oleh Raja Bangli berupa tanah yang kemudian diberi nama Bayung Gede, yang bernama Penglipuran.

Desa Adat Penglipuran merupakan satu kawasan yang masih terus memelihara struktur desa tradisionalnya nih, karena itu lingkungannya masih menunjukkan wajah pedesaan yang asri.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait