URnews

Selain Jokowi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Telah Divaksin COVID-19

Griska Laras,
9 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Selain Jokowi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Telah Divaksin COVID-19
Image: Budi Gunadi Sadikin resmi ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto. (Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerima vaksin COVID-19 perdana pada Rabu (13/1/2021).  Vaksinasi perdana ini juga akan diberikan kepada beberapa tokoh perwakilan dari lapisan masyarakat lain, termasuk Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

“Kali ini akan ada Menteri Kesehatan (Menkes) kita sudah berada di meja kedua untuk diperiksa tekanan darah dan suhu," kata Reisa di Istana Kepresidenan Jakarta.

Dalam prosesnya, Menkes melewati empat tahapan vaksinasi, yakni tahap registrasi dan verifikasi data, tahap skrining, tahap vaksinator dan terakhir tahap pencatatan.

1610512050-Menteri-Kesehatan-Budi-Gunadi.jpegSumber: YouTube Sekretariat Presiden

Alur ini sesuai dengan yang tercantum dalam Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor hk.02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Dalam tayangan Live vaksinasi COVID-19 di YouTube Sekretariat Presiden, Menkes Budi Gunadi terlihat divaksin tepat setelah Raffi Ahmad.  

1610512062-Menkes-Budi-Gunadi.jpegSumber: YouTube Sekretariat Presiden

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berpesan agar masyarakat tak takut mengikuti program vaksinasi. Sebab vaksin merupakan salah satu cara yang ditempuh dunia untuk keluar dari pandemi COVID-19 yang telah berlangsung selama setahun lebih.

“Semoga seluruh rakyat Indonesia bisa memulai program vaksinasi ini untuk membangun Indonesia dan dunia yang lebih sehat dan bebas dari pandemi,” ujar dia.

Seperti diketahui, vaksinasi perdana COVID-19 di Indonesia dilakukan menggunakan vaksin Sinovac buatan Cina. Vaksin ini telah mengantongi izin penggunaan darurat (emergency use authorization) dari BPOM dan fatwa halal dari MUI. 

Komentar
paper plane