menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Selain Kesehatan Mata, Ini 6 Manfaat Wortel untuk Tubuh

Itha Prabandhani,
9 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Selain Kesehatan Mata, Ini 6 Manfaat Wortel untuk Tubuh
Image: Manfaat wortel. (Freepik)

Jakarta - Wortel banyak dikenal sebagai salah satu sayuran yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan mata. Tak hanya sebagai bahan makanan, wortel juga bisa berfungsi sebagai obat loh, guys.

Selain kaya nutrisi, wortel juga dapat berperan sebagai antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Apa saja manfaatnya buat kesehatan? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Kesehatan Kulit

1596795562-kesehatan-kulit.jpgIlustrasi. (Freepik)

Paparan sinar UV dapat mengakibatkan peradangan dan memunculkan kerutan serta flek hitam di wajah. Selain menggunakan produk perawatan wajah, mengonsumsi makanan bernutrisi juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit wajah kamu, guys.

Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam wortel memiliki sifat antiinflamasi, yang bisa mempercepat proses penyembuhan peradangan di kulit wajah kamu.

2. Kesehatan Mulut

1596795607-kesehatan-mulut.jpgIlustrasi. (Freepik)

Keluhan kesehatan mulut biasanya disebabkan antara lain karena gigi berlubang atau gusi tak sehat. Selain rajin menggosok gigi, mengunyah beberapa jenis sayuran salah satunya wortel, dapat merangsang gusi jadi lebih kuat.

Selain itu, kebiasaan ini juga dapat membantu produksi air liur jadi lebih banyak sehingga dapat membersihkan mulut dari sisa makanan yang menempel. Kandungan beta karoten dalam wortel juga sangat bermanfaat untuk menjaga gigi tetap kuat, loh.

3. Kesehatan Jantung

1596795641-kesehatan-jantung.jpgIlustrasi. (Freepik)

Wortel mengandung serat, kalium, dan lycopene. Nutrisi ini dipercaya dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Dengan mengonsumsi wortel segar, kamu bisa menjaga tekanan darah sehingga terhindar dari hipertensi dan penyakit jantung.

4. Kesehatan Otak

1596795680-kesehatan-otak.jpgIlustrasi. (Freepik)

Seiring bertambahnya usia, kemampuan dan fungsi otak akan menurun. Kondisi ini disebabkan oleh menurunnya kemampuan sel otak dan saraf untuk beregenerasi dengan baik. Mengonsumsi wortel yang mengandung beta karoten dipercaya dapat membantu menjaga fungsi otak agar tetap berfungsi dengan baik pada usia lanjut.

5. Meningkatkan Sistem Imun

1596795718-imun.jpgIlustrasi. (Freepik)

Wortel tak hanya mengandung vitamin A, tapi juga vitamin C. Vitamin C dari wortel dapat mendukung sistem imun tubuh jadi lebih kuat, sehingga kamu tidak mudah tertular berbagai penyakit seperti flu, batuk, atau pilek.

6. Meningkatkan Metabolisme

1596795756-metabolisme.jpgIlustrasi. (Freepik)

Buat kamu yang sedang melakukan diet, minum jus wortel bisa membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat, loh. Jus wortel dapat meningkatkan sekresi empedu, yang membuat metabolisme tubuh akan meningkat. Rasanya yang manis juga lebih sehat daripada minum minuman yang mengandung banyak gula. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait