Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Selain Sunny Dahye, 4 YouTuber Korea Ini Juga Punya Konten Bertema Indonesia 

Nivita Saldyni,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Selain Sunny Dahye, 4 YouTuber Korea Ini Juga Punya Konten Bertema Indonesia 
Image: hansoljang110/instagram

Jakarta - Nama Sunny Dahye tengah jadi sorotan publik. YouTuber asal Korea Selatan ini membuat netizen Indonesia, khusunya para followers-nya di Instagram maupun subscriber-nya di YouTube karena diduga telah melakukan sejumlah kebohongan demi konten.

Hal itu awalnya diungkapkan oleh salah satu akun anonim di Instagram. Namun kemudian postingan tersebut viral dan tersebar ke Twitter. Sontak kabar yang belum diketahui pasti kebenarannya itu membuat heboh warga Twitter.

Bahkan tak sedikit nama YouTuber Korea Selatan yang menyajikan konten bertema Indonesia ikut terseret namanya. Misalnya saja Jang Hansol dan Kimbab Family yang sempat jadi trending topik di Twitter Indonesia usai tudingan untuk Sunny Dahye itu mencuat.

Sebenarnya selain Sunny Dahye, ada banyak YouTuber Korea Selatan yang cukup fasih berbahasa Indonesia dan menyajikan konten-konten bertemakan Indonesia loh. Mau tau siapa saja? Berikut daftarnya!

1. Korea Roemit (Jang Hansol)

1629013369-hansoljang110.JPGSumber: Jang Hansol. Sumber: Instagram @hansoljang110

Tak berbeda jauh dari Sunny Dahye, Korea Reomit, juga salah satu YouTuber Korea yang sempat lama tinggal di Indonesia. Pemilik nama asli Jang Hansol ini sempat tinggal bersama keluarganya di Malang, Jawa Timur sekitar 11 tahun, mulai 1999. Jadi jangan heran kalau pria Korea satu ini fasih berbahasa Indonesia, bahkan Jawa Timur-an.

Pria kelahiran Daegu, 8 Mei 1994 ini awalnya mulai aktif memposting video di YouTube pada 2016. Saat itu, konten yang dipostingnya seputar pengalamannya saat tinggal di Indonesia. Tak jarang, ia juga membagikan informasi seputar budaya Korea. Namun kini konten YouTube Hansol terus berkembang, Hansol sering membuat konten Mukbang, mengupas isu yang sedang hangat di Korea, bahkan cerita-cerita horror yang cukup populer di Korea.

Kini, kanal YouTube Hansol telah memiliki 4,71 juta subscribers. Kamu pun bisa intip konten-konten seru dari Hansol di bawah ini.

2. Kimbab Family

1629013377-kimbabfamily.jpgSumber: Kimbab Family. Sumber: @kimbabfamily.official

Selain Hansol, ada satu kanal YouTube Korea yang cukup digandrungi oleh penonton dari Indonesia adalah Kimbab Family. Kanal ini merupakan milik keluarga kecil pasangan Indonesia-Korea, Gina Selvina dan Yeon Seung Jay serta tiga anak mereka yang menggemaskan yaitu Suji, Yunji, dan Jio.

Gina sendiri merupakan perempuan asal Bandung yang bertemu dengan seorang pria asal Korea Selatan bernama Jay saat belajar di China. Keduanya kemudian menikah dan dikarunia tiga orang anak, ada Suji yang lahir di Seoul pada 2013, Yunji yang lahir di Bandung pada 2015, dan Jio yang lahir di Bandung pada 2017.

Mereka berlima kemudian membuat konten YouTube pertamanya pada 2018. Dari sanalah, lima anggota keluarga Kimbab Family ini mulai membagikan berbagai konten keseharian mereka, konten jalan-jalan, dan banyak lagi lainnya yang disajikan dalam bahasa Indonesia dan juga Korea.

Kini, kanal YouTube Kimbab Family telah memiliki 1,85 juta subscribers loh. Kamu pun bisa ikut merasakan keseruan keseharian keluarga multikultural Korea-Indonesia satu ini di bawah ini.

3. Han Yoo Ra

1629013359-big-miss-han.JPGSumber: Han Yoo Ra. Sumber: Instagram @big_miss_han

YouTuber asal Korea Selatan lainnya yang juga membagikan konten-konten dengan bahasa Indonesia adalah Han Yoo Ra. Perempuan yang juga sempat tinggal lama di Indonesia ini juga sering kali membagikan video tentang kecantikan, fashion, hingga KPop.

Berkat kemampuan berbahasa Indonesianya yang baik, perempuan satu ini juga sering banget loh tampil di acara TV Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu, Yoo Ra belakangan juga sering membagikan konten edukasi tentang belajar bahasa Korea loh.

Kini, kanal YouTube yang baru dimulai Yoo Ra pada 2018 itu telah memiliki 1 juta lebih subscribers. Kamu yang tertarik dengan konten-konten kecantikan, KPop, atau ingin belajar bahasa Korea, bisa langsung aja kepoin YouTube Han Yoo Ra di bawah ini.

4. Bandung Oppa (Han Jongdae)

1629013351-bandung-oppa.JPGSumber: Han Jongdae. Sumber: Instagram @bandung_oppa

Kalau pemilik kanal YouTube yang satu ini juga gak kalah fasih menggunakan bahasa Indonesia loh. Namanya adalah Han Jongdae, ia merupakan pemilik akun YouTube dan Instagram Bandung Oppa.

Pria lulusan Sastra Indonesia di Universitas Hankuk ini memilih nama 'Bandung' untuk kanal YouTubenya karena ia ternyata sempat tinggal di Bandung, loh guys.

Pria yang memulai YouTubenya sejak 2018 itu sering kali membagikan video tentang pengalamannya saat berada di Indonesia, ataupun tentang budaya Korea. Namun belakangan Bandung Oppa juga menyajikan konten edukasi tentang belajar bahasa Korea. Berkat konten-kontennya itu, kini Bandung Oppa telah memiliki 1 juta lebih subscriber di YouTube. 

Nah cocok banget nih untuk Urbanreaders yang bingung cari tempat untuk belajar bahasa atau mengenal budaya Korea. Langsung aja kepoin YouTube Bandung Oppa di bawah ini.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait