Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Sunny Dahye Dituding Bohong Demi Konten, Akun Anonim Ini Ungkap Sejumlah Bukti

Nivita Saldyni,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sunny Dahye Dituding Bohong Demi Konten, Akun Anonim Ini Ungkap Sejumlah Bukti
Image: Sunny Dahye. Sumber: Instagram @sunnydahye

Jakarta - Urbanreaders yang tertarik dengan dunia fashion dan kecantikan mungkin udah tidak asing dengan nama Sunny Dahye. Yap, ia adalah YouTuber asal Korea Selatan yang sempat lama tinggal di Indonesia.

Nama Sunny mendadak viral sejak Sabtu (14/8/2021) lantaran dituding melakukan berbagai kebohongan hanya demi konten. Bahkan namanya sempat menduduki jajaran trending topik Twitter setelah sebuah akun anonim (@sunnyisliar2) mengungkap sejumlah bukti yang diklaim berasal dari sumber terpercaya.

Awalnya akun tersebut membagikan tangkapan layar chat dengan sebuah akun Instagram bercentang biru. Mulai konten puasa yang disebut hanya tipuan kamera alias pura-pura, sifat asli yang berbeda dari keseharian yang dibagikan kepada viewersnya, menyebarkan buruk tentang YouTuber lainnya, hingga memanfaatkan netizen Indonesia demi likes dan views semata. 

"Sunny juga pernah bilang sendiri, bagi dia viewers indonesia itu "bodoh" dan "miskin" makanya lebih mudah dibodohin," kata si pemilik akun centang biru seperti dikutip dari Instagram @sunnyisliar2.

"Aku prihatin sih sama followers dia karena dia beda banget off camera.. Sering banget kan dia bilang 'Aku cinta Indonesia, Indonesia rumah aku' dll padahal waktu itu X pernah tanya ke dia 'why don't you live in Bali then?' sunny jawab 'no, indonesia is a third country, and they're poor. it's only good that they give me likes and views, and now i'll send my products to them. they'll like it easily'. Aku gatau sih dia tau ato engga waktu itu aku masih ada di sana, tapi aku denger jelas dia bilang gitu dan udh ilang semua respect aku ke dia," imbuhnya.

Bukan hanya itu, bukti keburukan sikap dari YouTuber yang dikenal dengan karakter ceria itupun datang dari mantan editor Sunny dan suaminya, Chris yang bernama Natasha. Lewat akun Instagram @sadshrimps, ia pun mengungkapkan pengalamannya bekerja bersama pasangan tersebut.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Natasha-Elle (@sadshrimps)

Natasha mengungkap kenal Sunny dari Chris yang saat itu masih menjadi CEO di perusahaan tempatnya bekerja di Jepang. Saat itu, Natasha diajak kerjasama untuk branding dan merch baru yang akan dikeluarkan Sunny. 

"Waktu meeting mereka diskusi tentang bekerja sama denganku untuk branding dan merch baru Sunny. Aku sempat tanya kenapa dia punya dua channel, dan mereka jelaskan bahwa prioritas mereka adalah channel Indonesia karena fanbase yang super loyal bahkan terhadap kesalahan mereka sekalipun, dan fanbase Indonesia bakal suka apapun yang Sunny post. (Hal ini mirip dengan poin yang disebutkan @sunnyisaliar2 tentang pengaruh mereka terhadap pasar Indonesia)," ungkapnya.

"C menambahkan bahwa engagement dengan audience Indonesia sangat fantastis, tapi sayangnya fans Indonesia ga terlalu suka untuk menghabiskan uang untuk support dia (Sunny) karena mereka ga punya uang sebanyak itu. Aku ga dengar kata "miskin" dari mereka, tapi mereka sadar bahwa yang mereka dapatkan dari fans Indonesia adalah dukungan cinta buta dan Youtube Adsense," imbuhnya.

Dari sanalah ia sepakat untuk membuatkan animasi salah satu konten di YouTube Sunny. Namun harga yang ditawarkan ternyata tidak cocok dan Chris pun menawar dengan 'harga teman' dan 'kesepakatan bersama'.

"Mereka janji kalau aku kasih harga lebih murah, aku bakal diberi credit di description box di semua video YouTube yang menggunakan design grafisku, dan Sunny bakal share post di Instagram untuk promosikan akun dan karyaku. Well, mereka ingkar janji. Jadi mereka tetap bayar aku (dengan harga yang ditawar) tapi setelah membayar aku dengan jumlah yang sangat sedikit untuk semua pekerjaan yang aku lakukan, aku ga dapet credit seperti yang mereka janjikan," pungkasnya.

Bahkan hingga dua tahun berlalu, hingga saat ini belum juga ada permintaan maaf dari Sunny maupun sang suami. Padahal beberapa karyanya masih digunakan di beberapa konten. 

Mendengar kesaksian beberapa orang tersebut tentu membuat netizen Indonesia geram. Banyak yang kemudian memberikan komentar di Instagram Sunny.

"Lo tanpa viewers Indonesia bukan apa-apa," komentar salah seorang netizen di postingan Instagram terbaru Sunny.

"Serius begitu aslinya?" tanya netizen lainnya.

"Kalo berita ini benar maaf ya kak Sunny aku gabisa ikutin kak Sunny lagi, aku akan nge unfoll & unsub, makasih kontennya selama ini   ," komentar lainnya.

Sementara itu hingga berita ini ditulis belum ada pernyataan apapun dari pihak Sunny Dahye maupun Chris Okano, suaminya.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait