beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Selera Humor Penting Bagi Hubungan Asmara, Alasannya?

Alfian Muntahanatul Ulya,
22 November 2022 11.57.55 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Selera Humor Penting Bagi Hubungan Asmara, Alasannya?
Image: Ilustrasi bercanda. (freepik/lookstudio)

Jakarta - Humor adalah salah satu cara yang sering digunakan oleh untuk memecah kebekuan dalam suatu percakapan.

Apalagi jika jokes yang dilontarkan bisa membuat orang lain tertawa, tentu bakal menyenangkan dan pertanda baik saat selera humor kalian sama.

Melansir Psychology Today, Selasa (22/11/2022), selera humor ternyata penting saat berkencan lho, Urbanreaders. Dengan humor, kita bisa tahu kualitas calon pasangan.

Ada studi yang digunakan untuk melihat bagaimana humor mempengaruhi hubungan mereka. Studi ini melibatkan 136 mahasiswa, yang terdiri dari 35 laki-laki dan 101 perempuan dengan ketentuan sudah menjalin hubungan selama rata-rata 19 bulan.

Penelitian dilakukan selama tiga minggu. Peneliti memantau para responden yang diberi tugas untuk menyelesaikan buku harian yang melaporkan bagaimana mereka menggunakan humor saat bersama pasangan.

Lima bulan usai studi dilakukan, peneliti menghubungi 114 peserta untuk mengetahui kondisi hubungan mereka. Hasilnya, 83 masih berpacaran, sementara 31 sudah putus dari pasangannya.

Dari hasil studi itu, disimpulkan ada beberapa gaya humor yang sering dipakai saat berinteraksi dengan pasangan, masing-masing terbagi ke dalam dua jenis jokes yaitu positif dan negatif.

1. Humor Afiliasi

Selera humor ini termasuk jenis yang positif. Dari lelucon ini bisa mencerminkan kemampuan seseorang untuk menikmati humor dengan orang lain, menceritakan lelucon, berbagi anekdot, dan sebagainya.

2. Humor Peningkatan Diri

Merupakan lelucon yang digambarkan bisa meningkatkan diri dengan melibatkan penggunaan jokes sebagai coping mechanism, menemukan sesuatu yang lucu dalam segala hal, dan mempertahankan pandangan hidup yang lucu.

3. Humor Agresif

Jenis selera humor yang satu ini termasuk negatif, karena lelucon yang dipakai biasanya cenderung meremehkan orang lain dengan humor dengan menggoda, mengejek, atau bahkan menertawakan orang lain.

4. Humor Merugikan Diri Sendiri

Biasanya ini sering kita temui di lingkungan sekitar. Lelucon semacam ini dinilai merugikan diri sendiri karena ujung-ujungnya hanya mengolok-olok diri sendiri dan mencela diri sendiri.

Nah, dari keempat tipe humor ini, peneliti kemudian meminta para peserta untuk melaporkan seberapa sering mereka terlibat menggunakan keempat lelucon di atas.

Singkatnya, humor positiflah yang punya manfaat besar saat berkencan karena berpotensi untuk tetap menjalin hubungan. 

Jadi perlu diingat, kalau kamu suka menikmati humor-humor berbau negatif atau jahat, kamu harus berhati-hati karena itu bisa merusak hubunganmu dengan dia.

Kesimpulannya, humor ini sangat penting untuk kehidupan sehari-hari, terutama saat berkencan. Karena siapa sih yang nggak suka berbagi tawa dengan pasangannya?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait