Jakarta - Saat iPhone 12 dirilis, Samsung mengejek Apple karena menghilangkan charger dan earphone dari kotak kemasan. Ironisnya kini Samsung dikabarkan akan melakukan hal yang sama.

Dilansir dari laman Sammobile, Rabu (28/10/2020), Galaxy S21 yang diluncurkan awal tahun 2021 bakal tidak dilengkapi charger dan earphone di dalam kotak penjualannya.

Namun ini sejatinya bukan kabar baru. Sejak awal tahun berhembus rumor kalau  Samsung sedang mempertimbangkan untuk melepas aksesori tersebut dari model smartphone masa depan.  Kendati begitu tidak menghentikan Samsung untuk mengejek Apple karena menjual model iPhone 12 tanpa adaptor daya atau EarPods.

Seperti diketahui model Apple ‌iPhone 12‌ dikirimkan hanya dengan kabel USB-C ke Lightning. Saat mengumumkan perubahan tersebut, Apple mengatakan bahwa aksesori tersebut dihilangkan karena alasan lingkungan.

Tetapi ada spekulasi bahwa Apple mencabut adaptor daya dan EarPods untuk memotong biaya karena biaya modem 5G yang digunakan dalam jajaran iPhone baru.

Dengan pesaing utamanya yang tidak lagi menawarkan aksesori seperti adaptor daya dan EarPod, Samsung juga mungkin ingin menghemat uang sekaligus mendapat cuan baru dengan menjual terpisah aksesori untuk ponselnya.

Pun begitu sumber dari Korea menyakini Samsung tidak akan menanggalka  adaptor daya dan headphone di Galaxy S21. Bila dihilangkan hanya earphonenya saja, karena langkah tersebut sudah dilakukan sebelumnya.

Samsung diketahui pernah mengejek Apple namun akhirnya malah mengikuti langkah yang sama. Ini terjadi pada 2016 kala iPhone 7 tidak lagi memiliki port jack audio. Setahun berikutnya Samsung melepas jack audi dari Galaxy S8 yang rilis 2018.

Komentar
paper plane