beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Sepulang dari Solo, Jokowi Bunyikan Genderang Perangi Covid-19 di KTT Luar Biasa G20

Eronika Dwi,
lebih dari 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sepulang dari Solo, Jokowi Bunyikan Genderang Perangi Covid-19 di KTT Luar Biasa G20
Image: Instagram/Jokowi

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung kembali ke Istana Kepresidenan Bogor mengikuti KTT Luar Biasa G20 yang membahas upaya penanganan Covid-19, usai mengantarkan sang ibunda Sudjiatmi Notomihardjo ke tempat peristirahatan terakhir di Mundu Selokaton, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (26/3) kemarin malam.

Presiden Jokowi yang didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani, mengikuti KTT Luar Biasa G20 secara virtual dari pukul tujuh malam.

"Dalam KTT ini, saya mengajak para pemimpin negara G20 untuk bersama-sama memenangkan dua “peperangan”, yaitu melawan Covid-19 dan melawan pelemahan ekonomi dunia," tulis akun Instagram resmi Presiden Jokowi, yang dikutip Jumat (27/3).

KTT Luar Biasa G20 diungkap harus memotori gerakan solidaritas dunia dalam penanganan Covid-19 dan mendorong agar pandemi ini jangan sampai menganggu kemitraan dan kerja sama yang sudah dibangun bertahun-tahun. Untuk itu, G20 harus aktif memimpin upaya menemukan anti-virus dan obat Covid-19, tentunya bersama WHO.

1584946430-Jokowi-Instagram.jpg

"Saya juga mendorong negara anggota G20 untuk bekerja sama dan mensinkronkan kebijakan dan instrumen ekonomi untuk melawan keterpurukan ekonomi sebagai dampak dari Covid-19. Kita harus mencegah resesi ekonomi global, melalui kebijakan fiskal dan moneter yang terkoordinasi, serta memperluas dan memperkuat jaring pengaman sosial," tambahnya.

Digagas oleh Arab Saudi selaku ketua G20 tahun ini, KTT Luar Biasa G20 ini diikuti 20 negara, tujung negara undangan, sembilan organisasi internasional, dan dua organisasi regional.

Para Pemimpin Negara yang mengikuti KTT Luar Biasa G20 ini, yaitu Presiden Joko Widodo, Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador, Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Argentina Alberto Fernández, Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison, Presiden Brazil Jair Bolsonaro, PM Kanada Justin Trudeau. Kemudian, Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Kemudian, Presiden Argentina Alberto Fernández, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Angela Merkel, Perdana Menteri India Narendra Modi, PM Italia Giuseppe Conte, PM Jepang Shinz? Abe, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, PM Inggris Boris Johnson, Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Presiden Uni Eropa Charles Michel, dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud.

Mendapat Simpati Masyarakat

1585133231-ibunda-jokowi-antara.jpg

Sikap tegar dan ketabahan Presiden Jokowi yang harus kehilangan ibunda tercinta di tengah kewajibannya menangani pandemi yang terus merebak di Indonesia, tentu langsung mendapat banyak pujian dan semangat. Mulai dari masyarakat biasa, hingga para kalangan selebriti Tanah Air memuji dan menyemangati orang nomer satu di Indonesia ini.

"We love you Bapak Presiden. Hormat," tulis Judika.

"Masha Allah Pak.. Sehat2 Bapak Presiden kami.. doa kami bersamamu," tulis Diera Bachir.

"Paringi Sehat bapak," tulis Yuni Shara.

"Jaga kesehatan selalu pak," tulis Samuel Zylgwyn.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait