beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URsport

Serba-serbi Acara Pembukaan Piala Dunia FIFA 2022

Putri Rahma,
18 November 2022 13.15.00 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Serba-serbi Acara Pembukaan Piala Dunia FIFA 2022
Image: FIFA World Cup 2022 di Qatar (Foto: FA/Eddie Keogh)

Jakarta - Piala Dunia FIFA 2022 akan jadi piala dunia pertama yang digelar di kawasan Timur Tengah, tepatnya di negara Qatar. Dibuka pada 20 November dan akan berakhir pada 18 Desember.

Dalam ajang sepak bola terbesar ini, 32 negara akan bertarung untuk bisa merebut trofi Piala Dunia FIFA. Lalu bagaimana dengan acara pembukaannya? Berikut rinciannya yang Urbanasia rangkum dari berbagai sumber.

Waktu dan Lokasi

Pembukaan Piala Dunia 2022 akan berlangsung pada hari Minggu, 20 November 2022 di Stadion Al Bayt di kota Al Khor. Di venue yang berkapasitas 60 ribu penonton itu, acara pembukaan dimulai pada jam 14.00 GMT atau sekitar jam 21.00 WIB dan dijadwalkan akan berlangsung sekitar 2 jam.

Pertandingan Kick-off 

Piala Dunia FIFA punya tradisi dibuka oleh pertandingan antara tim juara atau kesebelasan tuan rumah. Untuk tahun 2022, pertandingan kick off akan menyajikan tim tuan rumah Qatar vs Equador, tepat setelah acara pembukaan selesai pada jam 16.00 GMT atau jam 23.00 WIB di tempat yang sama.

1668753689-Qatar-2022.jpgSumber: Piala Dunia Qatar 2022 (Foto: Associated Press)

Bintang Tamu

Deretan seleb ternama bakal tampil di panggung pembukaan Piala Dunia. Yang sudah viral duluan adalah Jung Kook BTS.

"Bangga mengumumkan bahwa Jung Kook adalah bagian dari soundtrack Piala Dunia FIFA Qatar 2022 dan akan tampil dalam upacara pembukaan," tulis akun Twitter resmi BTS yang Urbanasia kutip pada Jumat 18 November 2022.

Selain Jung Kook, ada juga grup musik Amerika Serikat Black Eyed Peas, mantan personel Take That Robbie Williams, penyanyi Kolombia J Balvin, penyanyi dan penulis lagu Patrick Nnaemeka Okorie, aktris dan penari Nora Fatehi, rapper Amerika Lil Baby yang merilis lagu resmi untuk Piala Dunia.

Beredar kabar bahwa Dua Lipa dan Shakira juga bakal tampil. Namun di akun instagramnya Dua Lipa membantah.

"Aku nggak akan tampil atau terlibat dalam negosiasi apapun untuk tampil. Aku berharap bisa datang ke Qatar saat  negara tersebut memenuhi janji Hak Asasi Manusia yang sudah dibuatnya," tulis Dua Lipa.

Lagu Tema

Sepanjang sejarah gelaran Piala Dunia, soundtrack atau lagu temanya selalu jadi hits yang terngiang-ngiang dan dinyanyikan semua kalangan. Sebut saja Cup of Life-nya Ricky Martin di Piala Dunia 1998 dan Waka-Waka (This Time for Africa) milik Shakira saat Piala Dunia 2010.

Piala Dunia 2022 spesial banget nih, Guys, karena punya banyak banget lagu tema. Yang pertama dirilis FIFA pada bulan April 2022. Berjudul 'Hayya Hayya (Better Together), lagu ini adalah kombinasi R&B dan reggae yang dinyanyikan oleh Trinidad Cardona, Davido and Aisha.

Lagu kedua berjudul 'Arhbo' yang dalam bahasa Arab versi slang berasal dari kata 'Marhaba' yang berarti 'Welcome'. 'Arhbo' dibawakan oleh Ozuna and rapper berdarah Prancis-Kongo, Gims. Sedangkan rilisan ketiga adalah kolaborasi antara budaya Timur Tengah dan Spanyol yang tertuang dalam lagu 'Ulayeh'. Pencipta lagu ini, Sebastián Yatra, mempercayakan artis Maroko Nouamane Belaiachi untuk jadi penyanyinya. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait