beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Seru dan Rame, Ini Ide Perlombaan 17 Agustus untuk Semua Umur

Priscilla Waworuntu,
16 Agustus 2022 15.15.09 | Waktu baca 5 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Seru dan Rame, Ini Ide Perlombaan 17 Agustus untuk Semua Umur
Image: Bendera merah putih (Foto: AntaraNews//AloysiusJarotNugroho)

Jakarta - Peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-77 tahun ini, akhirnya bisa dirayakan dengan semarak. Setelah sebelumnya dilanda virus COVID-19 yang mengharuskan ditiadakannya lomba-lomba 17 agustusan. 

Nah buat kamu yang lagi bingung mau membuat perlombaan apa ketika 17 Agustus nanti, berikut adalah beberapa ide yang mungkin bisa menjadi referensi kamu nih. Ide ini cocok banget loh buat kamu yang kantoran, masih sekolah maupun untuk orangtua yang mau membuat perlombaan untuk anak-anaknya. 

Nah berikut adalah beberapa ide perlombaan 17 Agustus yang bisa kamu lakukan: 

Lomba untuk Orang Dewasa

1. Musical Chair 

1660636411-musical-chairs-game-night.jpgSumber: Game musical chairs (ilustrasi: Pinterest)

Permainan ini sederhana tetapi menyenangkan, dan bisa melibatkan banyak peserta. Semakin banyak karyawan yang ikut, semakin seru. Tentu saja, peluang untuk menang tiap orang juga akan semakin kecil.

Dalam permainan ini, peserta harus berlomba untuk berebut kursi kosong dengan cara mendudukinya. Peserta yang tidak mendapatkan kursi otomatis gugur dan tersingkir. Peralatan yang dibutuhkan adalah speaker dan perangkat pemutar musik, bisa menggunakan komputer, laptop, atau telepon seluler.

Cara bermain:

- Tentukan jumlah peserta lebih dulu.
- Ambil kursi dengan jumlah peserta dikurangi satu, dan susun menjadi dua baris saling bertolak belakang. Contoh, jika peserta 11 orang, maka sediakan 10 kursi ditata menjadi 2 deret masing-masing 5 buah.
- Putar musik dan minta semua peserta berjalan mengitari deretan kursi, boleh juga sambil berjoget.
- Matikan musik secara tiba-tiba. Saat musik berhenti, peserta harus berebut untuk duduk di kursi.
- 1 orang peserta yang tidak mendapatkan kursi langsung tereliminasi.
- Singkirkan 1 kursi, lalu ulangi terus sampai hanya tersisa 1 kursi.
- Peserta yang duduk di kursi terakhir adalah pemenangnya.

2. Lomba Menyanyi 

Ini lomba paling diminati karyawan yang hobi nyanyi atau karaoke. Lomba menyanyi bisa dilakukan dengan tema bebas atau tema nasionalisme dan cinta Tanah Air. Bentuk tim kecil sebagai penilai untuk menentukan pemenangnya. Peserta bisa dinilai dari suara, ekspresi, dan penguasaan lagu.

3. Menghafal Benda

Lomba ini cukup mudah dilakukan. Yang dibutuhkan hanya benda-benda kecil yang mudah diperoleh di sekeliling kita. Peserta harus berlomba menghafal benda-benda tersebut dalam waktu singkat. 

Cara mainnya seperti berikut:

- Siapkan aneka benda-benda kecil berjumlah 60 buah atau lebih, boleh apa saja, seperti gunting, kunci, sisir, gelang, tutup botol, remote, karet penghapus, penjepit kertas, permen, kaca mata, mouse komputer, korek api, uang koin, dan lainnya. 
- Bungkus semua benda dengan taplak meja atau kain, dan jangan beritahukan ke peserta
- Peserta berdiri membentuk lingkaran, kemudian taruh benda yang dibungkus di tengah.
- Buka bungkusan kain yang menutup benda selama 60 detik dan minta peserta menghafal benda-benda tersebut, tidak boleh dicatat atau difoto.
- Tutup kembali benda-benda tersebut, dan minta tiap peserta menuliskan barang-barang tersebut di kertas masing-masing.
Peserta dengan daftar benda terbanyak dan benar menjadi pemenang.

4. Jepit Balon 

1660636556-Kemenkeu.JPGSumber: Lomba jepit balon (Foto: Kemenkeu)

Lomba jepit balon dapat dilakukan di dalam ruangan. Peserta berlomba berjalan (bisa diatur bolak-balik) sambil menjepit balon di kedua pahanya. Peserta paling cepat mencapai garis finish menjadi pemenang.

Lomba ini juga bisa dilakukan secara berpasangan. Setiap pasangan berdiri saling membelakangi dan menjepit balon dengan punggung mereka, kemudian balapan berjalan ke garis finish.

5. Tebak Gerakan 

Seperti lomba sebelumnya, permainan ini juga dilakukan dalam tim. Peserta pertama akan memberikan gerakan untuk ditebak oleh peserta kedua.

Jika peserta kedua sudah yakin jawabannya benar, ia harus menyampaikan gerakan terhadap jawaban tersebut ke peserta selanjutnya. Peserta terakhir bertanggung jawab untuk menebak kata berdasarkan gerakan yang diberikan peserta sebelumnya.

Lomba untuk Anak Usia Sekolah

Lomba untuk Anak Usia Sekolah

1. Cerdas Cermat 

Pada perlombaan ini, siswa maupun siswi diminta untuk menjawab berbagai pertanyaan seputar Kemerdekaan RI dan nanti akan diadakan babak eliminasi untuk nantinya menentukan siapa juara 1, 2, dan 3. 

2. Lomba Peragaan busana / fashion show 

1660637306-Antara.jpgSumber: Lomba fashion show anak (Foto: AntaraNews)

Lomba ini juga cocok dilakukan di sekolah untuk melatih kreativitas para siswa maupun siswi. Setiap kelas bisa mengirimkan perwakilannya untuk melakukan peragaan busana bertemakan Hari Kemerdekaan.

Selain itu, lomba ini erat kaitannya dengan bidang kesenian. Peserta yang menang adalah peserta yang berhasil menunjukkan sisi keunikan dari busana yang dipamerkannya.

3. Lomba Tari Tradisional 

Masih berkaitan dengan seni, lomba ini bisa melatih kreativitas murid juga dapat melestarikan budaya adat dari berbagai suku yang ada di Indonesia. Dengan lomba tarian tradisional, para peserta juga dituntut untuk mencari tahu tari-tarian dari berbagai daerah di Indonesia. Lomba ini bisa dilakukan secara berkelompok maupun individu tergantung masing-masing perwakilan kelas yang akan mengirimkan. 

4. Lomba Pidato 

Lomba ini juga cocok dilakukan di sekolah karena melatih kepercayaan diri para murid. Para peserta bisa menulis pidatonya sendiri bertemakan Hari Kemerdekaan. Pidato yang ditulis itu kemudian ditampilkan di hadapan dewan juri. Seperti puisi, dewan juri bisa menilan intonasi, ekspresi wajah para peserta dan ditambah bagaimana interaksi mereka dengan penonton.

5. Lomba Menghias Ruang Kelas 

Pada perlombaan ini, siswa maupun siswi bisa mendekor ruangan kelas mereka sebagus mungkin dengan bebas tetapi tetap sopan. Untuk peserta perlombaan ini mungkin antara 5 hingga 8 orang yang mengikutinya. Agar, ide-ide yang dituangkan juga lebih beragam. 

Lomba untuk Anak-anak Prasekolah

1. Lomba Mewarnai 

Walau terlihat mudah, sebenarnya mewarnai cukup sulit untuk dilakukan. Apalagi, ketika kamu tidak boleh melewati batas garis dari bentuk pola yang ada. Selain itu, dengan mewarnai tentunya akan melatih kreativitas anak loh. Hal ini berkaitan dengan bagaimana anak mencocokkan warna yang tepat untuk pola gambar yang ada. 

2. Lomba Menggambar 

Nah kalau untuk lomba yang satu ini, mungkin ditujukan untuk anak-anak yang memang hobi menggambar atau yang memang mahir dalam menggambar.

3. Lomba memasukkan pensil ke dalam botol 

Lomba ini juga terlihat mudah untuk dilakukan, tetapi kamu tahu gak nih sobat Urban, melakukan perlombaan seperti ini sebenarnya terbilang cukup sulit loh, karena nantinya pensil akan diikat menggunakan tali dan diikatkan pada pinggang anak, yang kemudian nanti si anak bisa memasukannya dengan posisi pensil menggantung di bagian belakang pinggang. 

4. Lomba Balap Kelereng

Nah pasti kamu udah gak asing lagi nih sama lomba yang satu ini. Walau terlihat sederhana, lomba membawa bola kelereng ini terbilang seru loh. Karena bola kelereng ini akan bergerak ke sana kemari, mau tidak mau anak pasti harus memelankan jalannya agar bola kelereng yang ia bawa tidak terjatuh hingga ke garis finish. 

5. Lomba Menghias Sepeda

Lomba terakhir yang akan Urban Asia rekomendasikan adalah menghias sepeda. Di sini, anak-anak bisa mendekor sepedanya dengan berbagai alat hias dengan bebas tetapi harus dibuat sendiri atau DIY. Hal ini digunakan untuk melatih kreativitas anak dan memberikan mereka kebebasan untuk memilih hiasan apa yang kira-kira cocok untuk ditaruh di sepeda mereka. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait