beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Sesama Bahan Aktif, Apakah Bakuchiol Aman Digabung dengan Retinol?

Kintan Lestari,
14 Juni 2022 11.27.51 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sesama Bahan Aktif, Apakah Bakuchiol Aman Digabung dengan Retinol?
Image: Ilustrasi serum. (Freepik)

Jakarta - Kini banyak orang memilih kandungan skincare dengan bahan aktif di dalamnya. Nah, beberapa bahan aktif yang belakangan ini popular adalah Bakuchiol

Bakuchiol merupakan ekstrak yang berasal dari daun biji tanaman babchi. Kandungan ini umumnya terdapat dalam skincare yang khusus mengatasi masalah penuaan, seperti garis halus atau keriput. Kandungan ini juga mempercepat proses regenerasi kulit berkat kandungan antioksidan di dalamnya.

Untuk yang punya masalah bintik hitam atau hiperpigmentasi, bakuchiol bisa jadi solusi karena kandungan ini dapat menembus lapisan kulit secara mendalam. Kandungan skincare ini juga menenangkan kulit yang sensitif atau iritasi. Maka dari itu, kandungan ini aman untuk semua jenis kulit. 

Tapi ada yang jadi pertanyaan nih. Bisa nggak sih kandungan ini dicampur ingredients aktif lainnya? Misalnya retinol

Retinol di dalam skincare sering ditemukan terutama pada produk-produk anti aging. Bahan ini bekerja memerangi tanda-tanda penuaan dan masalah dengan noda hitam. Dengan kata lain, fungsi retinol hampir sama dengan bakuchiol. Bedanya hanya bakuchiol tidak ada efek samping dan lebih aman untuk semua tipe kulit.

Kamu pernah kepikiran nggak, kalau bakuchiol dan retinol fungsinya sama, terus bisa digabung nggak supaya hasilnya lebih maksimal? Yuk, kita cari tahu jawabannya!

Bakuchiol dan retinol bisa digunakan bersama dalam rutinitas perawatan kulitmu. Penggabungan keduanya juga akan menambah efektivitas kandungan keduanya. Bakuchiol kaya akan antioksidan sehingga dapat menstabilkan efek samping retinol. Alhasil, kulit jadi bisa mentoleransi retinol.

Menggunakan retinol dan bakuchiol bersamaan menciptakan formula yang kuat namun lebih lembut untuk memerangi tanda penuaan dan noda hitam di wajah. Hasilnya, wajah terlihat lebih sehat, halus dan cerah tanpa tanda-tanda kemerahan atau bercak kering yang biasanya merupakan efek samping dari penggunaan retinol.

Namun perlu diingat, kalau kulitmu benar-benar tidak cocok dengan retinol, jangan paksakan untuk menggabungkan dua bahan aktif ini ya. Baiknya kamu gunakan bakuchiol saja tanpa retinol karena bahan aktif tersebut 'ramah' pada kulit tanpa menimbulkan efek samping iritasi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait