beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Setelah Delta dan Omicron, Kini Muncul Varian COVID-19 dari Indonesia

Putri Nur Aisyah,
28 Januari 2022 16.19.56 | Waktu baca 1 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Setelah Delta dan Omicron, Kini Muncul Varian COVID-19 dari Indonesia
Image: Ilustrasi virus corona. (Pixabay)

Jakarta - Setelah varian Omicron mulai membengkak di Indonesia, akhirnya terdapat varian lokal yang berasal dari Indonesia itu sendiri yaitu B.1.691.

Varian lokal Indonesia ini pertama kali ditemukan di Surabaya oleh Institute Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga. Hal ini ditemukan setelah uji sampel dari 18 sampe pasien Unair dan diumumkan pada tanggal 18 Januari 2022.

"Ada 8 varian Omicron, 9 varian delta, dan satu barian lokal," ujar Erwin Astha Triyono, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur pada pekan ini.

Masih belum diketahui apakah varian ini akan lebih berbahaya dibandingkan varian Delta atau Omicron di Indonesia. 

Varian ini perlu dikaji dan dianalisa secara genomi untuk melihat bagaimana phyllogenetic tree dari varian B.1.691 ini.

"Mungkin dilihat phyllogenetic tree-nya dan lain-lain. Di upload ke GISAID, kalau dirasa perlu," jelas Direktur Penyakit Menular Origanisasi Kesehatan Dunia (WHOA) Asia Tenggara, Tjandra Yoga Aditama dalam keterangan terpisah.

Jika varian ini nantinya dianggap penting maka IHR Focal Point Indonesia tinggal mengkonfirmasikan ke GOARN untuk nanti diputuskan apakah akan masuk VUM atau tidak," jelasnya.

Selain itu, masih ada kemungkinan bahwa varian ini ditemukan di negara-negara lain yang mungkin perangainya tidak semengkhawatirkan Omicron atau Delta.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait