menu
user
URguide

Simak! Ini 4 Tips Merawat Koleksi Action Figure

Nivita Saldyni,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Simak! Ini 4 Tips Merawat Koleksi Action Figure
Image: Ilustrasi action figure. (Pixabay/Victoria_Borodinova)

Jakarta - Koleksi action figure memang dikenal jadi salah satu hobi yang cukup mahal. Sebab para kolektor ini selalu rela mengeluarkan uang ratusan ribu hingga ratusan juta untuk melengkapi koleksi mereka.

Nah, kalau kamu juga tertarik untuk mengoleksi action figure, ketahui dulu cara perawatannya agar koleksi kamu selalu dalam kondisi yang baik.

Berikut beberapa tips merawat action figure yang telah Urbanasia rangkum dari berbagai sumber.

1. Perhatikan cara penyimpanannya

1616065095-tumpukan-action-figure.JPGSumber: Ilustrasi tumpukan action figure. (Pixabay/Klarinette71)

Action figure nggak bisa disimpan sembarangan loh. Ada beberapa pantangan dan hal-hal lain yang harus diperhatikan dalam menyimpan koleksi-koleksi action figure kamu.

Pertama, jauhkan mereka dari paparan sinar matahari langsung. Sinar matahari bisa merusak plastik dan membuat cat mengelupas.

Alhasil, warna action figure kamu bisa-bisa cepat pudar deh. Jadi pastikan simpan koleksimu di tempat khusus agar terhindar dari sinar matahari.

Kedua, simpan di tempat kering dengan suhu kamar. Jangan sampai tempat penyimpanannya lembab karena perubahan suhu dan kelembapan yang ekstrem bisa membuat koleksimu rusak karena jamur. Untuk mencegahkan, bisa juga taruh silica gel di tempat penyimpanannya.

Ketiga, gunakan tempat khusus yang tertutup untuk melindunginya dari debu dan kelembapan. Kamu bisa menggunakan etalase kaca dan menatanya dengan rapi untuk memamerkan action figuremu. 

2. Rajinlah membersihkan koleksimu

 

Kalau ingin koleksimu tampil tetap kece untuk waktu yang lama, maka kamu harus rajin membersihkannya, guys.

Luangkan waktu khusus setiap bulan, atau bahkan minggu untuk membersihkan tempat penyimpanan dan semua koleksi kamu.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan unuk membersihkannya. Bersihkan debu-debunya dengan menggunakan sikat berbulu lembut atau kuas makeup dan sejenisnya. Atau bisa juga dengan blower mini yang biasanya digunakan untuk membersihkan lensa kamera.

Kalau ada noda membandel di koleksi kamu, maka bersihkan dengan sabun dan kain lembut. Caranya campurkan satu hingga dua tetes sabun cuci piring ke dalam 240 ml air, aduk sampai berbusa.

Kemudian celupkan kain mikrofiber ke dalam campuran dan peras untuk membuang kelebihan air. Gosok area yang bernoda sampai kotoran hilang.

Keringkan dengan lap kering untuk menyerap air yang tersisa. Kalau tak berhasil juga, coba gunakan alkohol untuk membersihkannya.

3. Gunakan sarung tangan saat menyentuh koleksimu

Untuk menjaga koleksi-koleksi kesayanganmu tetap bersih dan terhindar dari noda, kamu bisa menggunakan sarung tangan setiap kali harus memegangnya.

Hal ini bisa kamu lakukan untuk mencegah minyak atau bahkan keringat yang ada di tanganmu menempel ke koleksi tersebut.

Atau, jika koleksimu punya alas maka gunakan bagian itu untuk memegangnya. Hal ini bisa mencegah kerusakan atau hal-hal lainnya yang mengganggu penampilannya secara keseluruhan.

4. Jauhkan dari jangkauan anak-anak

Anak-anak sangat suka dengan mainan, termasuk action figure. Saat melihat tokoh favoritnya berada di jajaran koleksi action figuremu, terbayang dong apa yang bakal mereka lakukan?

Untuk itu, jika ingin koleksimu berumur panjang maka lebih baik jauhkan mereka dari jangkauan anak-anak. 

Rasa penasaran anak biasanya membuat mereka kurang berhati-hati saat menyentuh action figure. Bisa-bisa koleksimu rusak di tangan mereka.  

Namun kalau sudah terlanjur dan tak tertolong, kamu bisa memberikannya kepada anak-anak untuk dilihat dan dipegang.

Tapi ingat, lakukan hal ini dengan pengawasan ketat. Sehingga koleksi kamu bakal tetap aman saat berada di tangan orang lain.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait