menu
user
URstyle

Simak! Ini 5 Tanda Tanaman Hias Kamu Sedang Tak Bahagia

Nivita Saldyni,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Simak! Ini 5 Tanda Tanaman Hias Kamu Sedang Tak Bahagia
Image: Ilustrasi menanam (Pixabay/JillWellington)

Jakarta - Seperti halnya manusia dan makhluk hidup lainnya, tanaman juga punya 'bahasa' sendiri untuk mengutarakan keadaannya.

Bahkan saat-saat tertentu, mereka akan menunjukkan ciri-ciri khusus untuk mengatakan bahwa mereka sedang tidak baik-baik saja.

Nah kalau Urbanreaders pemula di dunia tanam-menanam, kamu harus kenali dan pahami bahasa mereka ini guys. Beberapa di antaranya, mereka sering menunjukkannya lewat daun.

Untuk itu kali ini Urbanasia akan berbagi rahasia tanda-tanda tanaman kamu sedang tak 'bahagia' hanya dengan melihat daunnya.

Berikut Urbanasia rangkum dari Bobvila, lima tanda yang menunjukkan tanaman hias kamu lagi gak 'happy' jika dilihat dari daunnya:

1. Daun Menguning

1614607321-Pinterest-Bobvila-yellow-leaves.JPGSumber: Ilustrasi daun menguning. (Pinterest/Bobvila)

Daun menguning merupakan salah satu tanda umum tanaman kamu sedang sakit. Biasanya hal ini disebabkan oleh kelembapan yang rendah, penyiraman berlebihan, drainase tanah buruk, suhu rendah, atau bisa juga ada pembusukan akar.

Jika hal ini terjadi maka cobalah untuk meletakkan tanaman kamu di tempat dengan sinar matahari yang cukup.

Cek juga apakah pot tanamanmu punya drainase yang baik dan kondisi akarnya baik-baik saja. Kamu juga harus atur kembali jadwal penyiramannya sehingga kadar air yang dimiliki tanamanmu pas.

2. Daun Hangus

1614607400-Scorched-Leaves.jpegSumber: Ilustrasi daun hangus. (Pinterest/Bobvila)

Daun yang berwarna kecoklatan seperti hangus terbakar merupakan salah satu tanda tanaman kamu sedang tak bahagia. Penyebabnya, bisa jadi karena terlalu banyak mendapatkan sinar matahari langsung.

Jika hal ini terjadi, coba pindahkan posisi tanamanmu ke tempat yang teduh dan mendapatkan air yang cukup. Hindari pemupukan berlebihan agar tak memperparah keadaan. Kamu juga bisa langsung memangkas daun yang hangus itu.

3. Ujung Daun Berwarna Coklat

1614607379-brown-leaves.jpgSumber: Ilustrasi daun coklat. (Pinterest/Bobvila)

Jika daun tanaman kamu berwana coklat hanya di bagian ujungnya bisa jadi kamu terlalu memberikan banyak pupuk atau pestisida.

Namun ada kemungkinan lain yang juga menebabkan ujung daun berwarna coklat, di antaranya tanah kering, suhu rendah, udara panas, atau akar yang membusuk.

Jika hal ini terjadi, maka coba periksa kelembaban tanahnya sambil mengurangi intensitas penyiraman.

Atau kamu bisa coba untuk melakukan penanaman ulang dengan meletakkannya di piring atau nampan yang berisi kerikil dan air untuk meningkatkan kelembapannya.

Kemudian letakkan pot di atas kerikil, di atas garis air agar saat air menguap kelembaban di sekitar tanaman ikut meningkat.

4. Daun kecil atau tanaman mulai layu

1614607473-wilting-plants.jpegSumber: Ilustrasi tanaman layu. (Pinterest/Bobvila)

Saat tanaman kamu bahagia, mereka akan berdiri tegak dan punya daun yang hijau. Namun saat mereka sakit, tak menutup kemungkinan daunnya kecil dan tanaman mulai layu.

Hal ini biasanya terjadi karena masalah kelembaban, bisa karena tanah terlalu basah atau juga terlalu kering.

Jika hal ini terjadi, mungkin juga karena pengaruh suhu.  Untuk itu saat musim kemarau, pastikan jadwal penyiraman lebih padat, bukan menambah volume air.

Hal ini dilakukan karena saat musim kemarau tanaman lebih cepat kehilangan kelembapannya. Atau saat musim hujan, maka aturlah untuk menyiramnya lebih jarang.

Kalau masalahnya terletak pada akar, potong akar yang terinfeksi. Tanda akar yang terinfeksi adalah ujungnya menghitam karena membusuk. Setelah itu tanam ulang tanamanmu di pot yang menggunakan campuran media pot steril dan pot bersih.

5. Bintik-bintik di Daun

Kalau Urbanreaders menemukan bintik-bintik di daun tanaman kesayanganmu bisa jadi itu adalah bercak yang disebabkan oleh jamur atau bisa juga bercak air.

Nah kalau tanaman kamu mengalaminya, langsung pisahkan dari tanaman lain dan petik daun yang terinfeksi. Untuk mencegah bercak, coba tingkatkan sirkulasi udara dengan menambah jarak antar tanaman.

Wajib perhatikan saat menyiram tanaman, pastikan tak memercikkan air secara langsung ke daun saat menyiram.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait