beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Singapura Umumkan Kasus Lokal Pertama Cacar Monyet

Nivita Saldyni,
7 Juli 2022 11.23.14 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Singapura Umumkan Kasus Lokal Pertama Cacar Monyet
Image: ANTARA

Jakarta - Penyakit cacar monyet semakin dekat dengan Indonesia. Pasalnya Singapura baru saja melaporkan kasus lokal pertama infeksi cacar monyet di negaranya pada Rabu (6/7/2022).

Dilansir dari laman resminya, Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) mengumumkan kasus pertama itu terdeteksi pada seorang pria warga Malaysia berusia 45 yang berdomisili di Singapura. Pasien itu terkonfirmasi positif cacar monyet pada 6 Juli 2022.

"Dia tidak terkait dengan kasus impor (cacar monyet) yang diumumkan Depkes pada 21 Juni lalu," ungkap MOH, seperti dikutip Urbanasia dalam keterangan resminya pada Kamis (7/7/2022).

MOH menjelaskan pasien sudah memiliki keluhan sejak 30 Juni 2022. Saat itu pasien mengalami lesi pada kulit perut bagian bawahnya. Gejala itu pun berkembang hingga pasien sempat merasa kelelahan dan mengalami pembengkakan kelenjar getah bening pada 2 Juli 2022.

Kondisi pasien terus memburuk dari hari ke hari. Pada 4 Juli 2022, ia memutuskan pergi ke dokter untuk mendapat pengobatan usai mengalami demam dan sakit tenggorokan. Pasien pun sempat menjalani sejumlah pemeriksaan medis dan hasilnya negatif. 

"Dia kemudian dibawa ke National Centre for Infectious Diseases (NCID) pada 6 Juli, dia diisolasi untuk asesmen lebih lanjut," sambungnya.

MOH memastikan pasien saat ini dalam kondisi stabil, namun ia masih menjalani perawatan di NCID.

Sejumlah Langkah yang Sudah Dilakukan MOH

Dengan munculnya kasus lokal pertama ini, MOH telah melakukan berbagai upaya penanganan. Salah satunya melakukan karantina kepada tiga orang kontak erat pasien mulai 6 Juli 2022.

Dua dari mereka adalah orang yang tinggal serumah dengan pasien, sementara satu orang lagi sempat melakukan kontak sosial dengan pasien. Ketiganya bakal dikarantina selama 21 hari ke depan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait