Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Single 'Benua', Kolaborasi Uberka Bareng Cholil 'Efek Rumah Kaca'

Indi Lusiani,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Single 'Benua', Kolaborasi Uberka Bareng Cholil 'Efek Rumah Kaca'
Image: Personel Uberka, Tomi dan Dodit. (Dok. Uberka)

Jakarta - Sebuah single berjudul ‘Benua’ telah dirilis pada 15 Agustus 2021 sebagai penanda Uberka kembalinya bangkit dari tidur panjangnya.

Uberka kembali hadir dengan beberapa perubahan dari segi wujud dan formasi mereka yang terakhir aktif hingga tahun 2016 silam. Kini Uberka diperkuat dengan dua personel, Tomi pada Vokal dan Gitar, dan Dodit pada Bass.

“Kalau dulu Uberka banyak pakai ambience sebagai identitas musiknya, kali ini kita lebih banyak memakai distorsi. Secara instrumen juga di materi-materi baru kita lebih banyak menggunakan instrumen organik, sementara dulu kita pakai drum machine,” ujar Uberka dalam siaran pers yang diterima Urbanasia, Kamis (28/10/2021).

Lagu ‘Benua’ merupakan sebuah materi yang sudah diselesaikan Tomi sang vokalis sejak 2016 lalu. Bahkan jika ditarik mundur lagi, ‘Benua’ merupakan sebuah lagu yang bisa dikatakan mati suri selama hampir 20 tahun. Lagu ini adalah lagu yang tidak pernah dirilis oleh Cholil Mahmud dari Efek Rumah Kaca.

“Gue tanya ke Ossi (Sound Engineer Efek Rumah Kaca saat itu) ini materi apa, ternyata itu file demo ERK yang nggak jadi dipakai untuk album satu. Jadi materinya itu bahkan materi 2000an awal. Gue suka banget sama Benua, lalu gue minta izin Cholil buat makai lagunya”, jelas Tomi tentang ‘Benua’.

Lagu ‘Benua’ bercerita tentang seseorang yang merasakan dunia sedang baik-baik saja, namun pada kenyataan keadaan jauh dari baik-baik saja.

“Seseorang yang ngerasain semuanya aman, nyaman, tenang, tapi sebenarnya dunia tuh lagi berantakan banget. ‘Dinda’ yang di lirik awal verse juga gue biarin jadi tanda tanya aja itu siapa,” ujar Tomi.

‘Benua’ akan menjadi gerbang penghantar menuju sebuah EP yang akan dirilis Uberka pada tahun 2022 mendatang sekaligus menjadi monumen penanda kembalinya mereka.

Beberapa lagu juga telah dituliskan dan sedang memasuki proses akhir perekaman. Uberka juga membawa teman lamanya turut serta dalam rilisan kali ini, di mana Wendi Arintyo dari ALS Studio dipilih sebagai Mixing & Mastering Engineer pada lagu ‘Benua’.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait