beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URsport

Skuat Brasil di Piala Dunia 2022: Tanpa Firmino dan Gabriel Magalhaes

Putri Rahma,
8 November 2022 13.08.09 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Skuat Brasil di Piala Dunia 2022: Tanpa Firmino dan Gabriel Magalhaes
Image: Timnas Brasil. (Instagram @cbf_futebol)

Jakarta - Pelatih Tite menunjuk Daniel Alves masuk dalam skuat Brasil di Piala Dunia 2022 Qatar. Bek berusia 35 tersebut berhasil menggeser penyerang Liverpool Roberto Firmino.

Setelah empat tahun absen dari Piala Dunia 2018 di Rusia akibat mengalami cedera lutut, Alves kembali merayakan turnamen ketiganya bersama Brasil.

"Hari ini adalah hari kemenangan dan saya sangat bangga karena empat tahun lalu air mata saya karena kesedihan dan hari ini adalah kebahagiaan," ujar Alves, Selasa (8/11/2022).

"Saya tidak bisa menyenangkan semua orang, tapi yang bisa saya lakukan adalah tidak mengecewakan mereka yang mempercayai dedikasi dan cinta saya pada olahraga ini dan negara saya," tambahnya.

Setelah meninggalkan Barcelona pada akhir musim lalu, Alves dikabarkan bergabung dengan klub Meksiko Pumas UNAM. Namun, pertandingannya bersama Pumas hanya berjalan pada bulan September.

Saat ini, Alves tengah menjalani pemulihan dengan staf medis dan teknis akademi Barcelona selama beberapa minggu terakhir.

"Kami telah mengikuti pemulihannya dari dekat dan semua data yang kami miliki dari dokter Barcelona menunjukkan bahwa dia fit untuk bermain," jelas Dokter tim Brasil Fabio Mahseredjian saat konferensi pers di Rio de Janeiro.

Tite mengatakan bahwa Alves masih memiliki atribut untuk ditawarkan, jadi bukan hanya terkait pengalaman yang dimilikinya. Menurutnya aspek teknis dan taktis yang mengesankan menjadikan Alves seorang organisator dan seorang artikulator.

"Tentu dia bukan pemain 60 hingga 70 meter lagi, tetapi dia memiliki kelebihan lain. Kriteria itu memberikan kualitas teknisnya, tetapi juga aspek mental dan fisiknya," jelas Tite.

Disisi lain, bek andalan Arsenal Gabriel Magalhaes juga tidak masuk dalam daftar skuat Brasil di Piala Dunia. Muncul generasi baru dalam skuat Brasil seperti Martinelli, Vinicius Jr, Rodrygo  Raphinha, gabriel dan Pedro yang mampu menggeser Firmino gagal masuk skuat.

Gelandang serang Aston Villa Philippe Coutinho pun tidak masuk dalam daftar akibat cedera yang didapati saat latihan, sehingga harus absen selama beberapa minggu.

Brasil sendiri telah menurunkan empat bek tengah yaitu Bremer (Juventus), Marquinhos (Paris St Germain), Thiago Silva (Chelsea) dan Eder Militao (Real Madrid). Dan yang tidak termasuk dalam daftar yaitu Roger Ibanez (AS Roma), Lucas Verissimo (Benfica) dan Gabriel Martinelli (Arsenal).

FA Brasil mengumumkan bahwa mantan manajer PSG Ricardo Gomes akan bergabung bersama dengan staf Tite sebagai Asisten. Skuat dan Tite akan berkumpul pada 14 November di fasilitas Juventus, Turin. Brasil akan mengadakan kamp pelatihan selama lima hari sebelum terbang ke Doha, Qatar pada 19 November.

Diketahui, Brasil akan melawan Serbia dalam laga perdana Piala Dunia di Qatar pada 24 November. Brasil juga akan bertemu Swiss dan Kamerun di Grup G.

Berikut susunan para skuat Brasil di Piala Dunia 2022 Qatar:

  • Penjaga Gawang: Alisson (Liverpool), Ederson (Manchester City), dan Weverton (Palmeiras)
  • Bek: Bremer dan Alex Sandro (Juventus), Eder Militao (Real Madrid), Marquihos (PSG), Thiago Silva (Chelsea), Danilo (Juventus), Daniel Alves (Pumas) dan Alex Telles (Sevilla)
  • Gelandang: Bruno Guimarães (Newcastle United), Casemiro dan Fred (Manchester United), Everton Ribeiro (Flamengo), Fabinho (Liverpool), dan Lucas Paqueta (West Ham United)
  • Penyerang: Antony (Manchester United), Gabriel Jesus dan Gabriel Martinelli (Arsenal), Neymar Jr (Paris St Germain), Pedro (Flamengo), Raphinha (Barcelona), Richarlison (Tottenham Hotspur), Rodrygo dan Vinicius Jr (Real Madrid).
Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait