menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Smartfren Siap Sediakan Jaringan 5G, Tinggal Tunggu Hal Ini

Kintan Lestari,
6 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Smartfren Siap Sediakan Jaringan 5G, Tinggal Tunggu Hal Ini
Image: Tangkapan layar webinar Smartfren Technology Update 2020 pagi tadi (4/11/2020).

Jakarta - Work from home (WFH) atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) akibat pandemi COVID-19 sering diwarnai dengan masalah internet lemot.

Padahal di kondisi sekarang ini jaringan internet sangat dibutuhkan. Berbagai operator telekomunikasi di Indonesia pun berlomba menjadikan jaringannya jadi yang tercepat, salah satunya Smartfren.

Smartfren sendiri kini sudah mencapai jaringan 4G+. Artinya Smartfren sudah siap untuk menjalankan 5G.

Munir Syahda Prabowo selaku VP Technology Relations & Communications Smartfren menyatakan Smartfren sudah memenuhi banyak syarat untuk mengimplementasikan 5G. 

"Sebentar lagi akan datang teknologi 5G. Smartfren sudah menggunakan teknologi yang memenuhi syarat untuk 5G yaitu Multiple Carrier, Small Cell, Multiple-input Multiple-output (MMo), Beam Forming, dan Full Duplex," jelas Munir di webinar pagi tadi (4/11/2020).

Namun Munir menyatakan masih perlu waktu untuk mengimplementasikan jaringan 5G karena masih menunggu frekuensi milimeter wave.

"Hari ini Smartfren sudah 4G+, tentu sudah paling ujung di generasi ke-4. Syarat untuk 5G sudah ada di jaringan Smartfren, kecuali milimeter wave," tambah Munir.

Operator ini tahun lalu sudah melakukan uji coba jaringan 5G, yang hasilnya kecepatan jaringan 5G Smartfren menembus angka 8,7 Gbps.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait