beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Sony Alpha 7RV Dirilis, Ini Fitur dan Harganya!

Griska Laras,
16 November 2022 08.38.43 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sony Alpha 7RV Dirilis, Ini Fitur dan Harganya!
Image: Kamera Mirorrless Sony Alpha 7RV. (Urbanasia/Laras)

Jakarta – Sony baru saja memperkenalkan Alpha 7RV, kamera full frame mirrorless pertama yang dilengkapi dengan artificial intelligence (AI), Selasa (15/11/2022). 

Dengan AI, Alpha 7 RV bisa mendeteksi bentuk tubuh dan pose manusia sehingga deteksi jadi lebih akurat. Kamera ini juga bisa mendeteksi area wajah, mata dan 20 titik tubuh sehingga lebih akurat, meski subjek bergerak sekalipun. Tak hanya itu, kinerja AI juga membantu mengatur white balance. Dibantu visible light dan IR di depan bodi kamera, prosesor AI membantu mengatur white balance di kondisi minim pencahayaan. 

Dalam acara perilisan Alpha 7 RV di HallF, President Director Sony Indonesia, Koji Sekiguchi, mengungkap alasan menyematkan AI seri ‘R’ terbaru. 

“Minat dan kebutuhan pengguna kamera semakin berkembang. Biasanya kamera kami digunakan untuk melakukan fotografi portrait, landscape, dan wedding. Kini para fotografer banyak bereksplorasi mencoba hal baru dengan memotret subjek yang bervariasi, termasuk serangga, hewan, dan kegiatan olahraga,” kata Koji. 

Selain Artificial Intelligence, berikut fitur-fitur mutakhir di Sony Alpha 7RV!

Kombinasi BIOZ XR Terbaru dan Exmor R 

Kombinasi mesin pemrosesan gambar BIONZ XR terbaru dan sensor Exmor R CMOS  35 mm menghasilkan detail gambar yang jernih dan tajam. BIONZ XR memastikan resolusi sensor kamera 61 MP dimanfaatkan sepenuhnya pada sensitivitas rendah sekalipun. 

1668562612-Sony-Alpha-7RV.jpgSumber: Kamera Mirorrless Sony Alpha 7RV. (Urbanasia/Laras)

Dengan kemampuan pemrosesan 8 kali lebih baik, BIONZ XR bisa memproses data gambar dengan minim latensi, menambah kemampuan tangkapan video Alpha 7 RV dan memproses gambar secara lebih optimal. Sementara sensor Exmor R didesain untuk bisa mengurangi noise pada tangkapan gambar. 

BIONZ XR juga meningkatkan pada performa Autofocus (AF). Kamera ini bisa mendeteksi 693 titik phase-detection, mencakup 79 persen dari area gambar. 

Alpha 7R V juga memiliki mode Focus Priority yang berarti AF lebih andal di skenario redup cahaya atau saat menggunakan mode aperture minim. Hasilnya, kamera ini bisa menjepret secara kontinyu hingga 10 frame per second (fps) dengan deteksi AF/AE hingga 583 gambar RAW compressed. 

Selain itu, ada pula fitur focus bracketing yang menangkap 299 gambar secara otomatis untuk menghasilkan jepretan dengan kualitas terbaik.

Koneksi Data Super Cepat 

Sony juga membawa peningkatan pada konektivitas Alpha 7RV. Kamera ini mendukung transfer data melalui WiFi, MIMO 2x2, dan koneksi 10GB/detik via USB C. Sementara untuk penyimpanan, Alpha 7RV dilengkapi dua slot kartu yang mendukung CFexpress Type A UHS-1 dan UHS-II SDHC/SDXC. 

Body Tahan di Segala Medan dan Ramah Lingkungan 

Sony menciptakan Alpha 7RV dengan material anti debu dan air. Aktuator supersonik yang tersemat di depan sensor membantu menyingkirkan debu dan partikel dari permukaan filter. Kamera ini juga dibekali dengan sistem disipasi panas sehingga dapat dipakai merekam video 8k selama 30 menit. 

Produksi Alpha 7RV juga memperhatikan aspek sustainability. Sebagian besar body kamera dibuat dari plastik daur ulang yang ramah lingkungan, termasuk SORPLAS. Selain itu, proses produksi juga dilakukan di fasilitas yang ramah lingkungan dengan energi terbarukan.

Berapa Harganya? 

Sony Alpha 7RV dibanderol Rp 59.999.000. Kamera mirrorless full frame ini sudah bisa dipesan melalui pre order yang berlangsung pada 15 November - 4 Desember 2022. Pembelian selama periode tersebut juga akan mendapat kartu memori CEA-G160T senilai Rp 6.339.000. 

Selain itu, Sony juga membuka potongan harga untuk pembelian lensa dengan purchase with purchase hingga Rp 6,3 juta. Ada empat lensa yang ditawarkan, yakni SEL35F14GM (FE 35mm, f/1,4 GM) Rp 18 juta, SEL50F12GM (FE 50 mm, f/1,2 GM) Rp 24 juta, SEL1635GM (FE 16-35 mm, F/2,8 gm) Rp 27.999.000, dan SEL100400GM (FE 100 - 400 mm, 4,5 – 5,6 GM OSS) Rp 36.999.000. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait