Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Sosok Bos Pertamina yang Kembali Masuk Daftar Wanita Paling Berpengaruh Dunia

Nivita Saldyni,
10 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sosok Bos Pertamina yang Kembali Masuk Daftar Wanita Paling Berpengaruh Dunia
Image: Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati (Instagram @nicke_widyawati).

Jakarta -  Nicke Widyawati, Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) masuk dalam jajaran perempuan paling berpengaruh di dunia versi Majalah Fortune. Nicke menempati peringkat ke-17 dari 100 perempuan dalam daftar tersebut.

Melansir dari situs Majalah Fortune, masuknya Nicke dalam jajaran perempuan paling berpengaruh di dunia ini bukan tanpa alasan. Majalah bisnis global ini menilai Nicke dengan posisinya itu telah berhasil melewati tantangan 'triple shock'. Mulai dari jatuhnya harga minyak, turunnya permintaan bahan bakar, dan adanya tekanan nilai tukar yang dialami Pertamina di tengah masa pandemi ini.

Tiga hal itu, kata Fortune, telah menurunkan pendapatan dan laba Pertamina. Namun di bawah kepemimpinan Nicke, Pertamina berhasil memulihkan kondisi tersebut dengan tercapainya target produksi migas di paruh pertama tahun 2021.

"Di tengah tantangan tersebut, Widyawati berupaya mendukung transisi energi Indonesia dengan membangun portofolio sumber energi terbarukan untuk memberikan energi bersih bagi negara di masa depan," tulis Majalah Fortune.

Mengenal Sosok Nicke Widyawati

1634015272-Nicke-Pertamina-1.JPGSumber: Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati (Instagram @nicke_widyawati)

Berdasarkan informasi yang Urbanasia rangkum dari berbagai sumber, Nicke Widyawati menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor : SK-97/MBU/04/2018, tanggal 20 April 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan PT Pertamina.

Lulusan S1 Teknik Industri – ITB di tahun 1991 dan Hukum Bisnis – Universitas Padjadjaran (S2) tahun 2009 ini merupakan eksekutif di berbagai perusahaan sejak tahun 2009, loh.

Perempuan kelahiran Tasikmalaya, 25 Desember 1967 ini tercatat pernah menjabat sebagai Direktur SDM Pertamina pada 2017. Ia juga sempat menduduki posisi Plt Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina pada 2018.

Sebelum itu, Nicke juga sempat mengemban tanggung jawab sebagai Direktur Pengadaan Strategis 1 PT PLN (Persero). Ia juga pernah jadi Direktur Utama PT Mega Eltra, serta pernah juga menjadi Direktur Bisnis hingga Vice President Corporate Strategy Unit (CSU) di PT Rekayasa Industri (Rekind).

Berada di Urutan ke-17 di 'Most Powerful Women International 2021' Majalah Fortune

1634015258-Nicke-Pertamina-2.JPGSumber: Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati (Instagram @nicke_widyawati)

Seperti yang Urbanasia sampaikan di atas bahwa dalam 'Most Powerful Women International 2021', Majalah Fortune memasukkan nama Nicke dalam jajaran 20 teratas, tepatnya di urutan ke-17. 

Berikut daftar 20 teratas, perempuan paling berpengaruh di dunia 2021 versi Majalah Fortune:

1. CEO GlaxoSmithKline, Emma Walmsley
2. Co-CEO & Executive Director Ping An, Jessica Tan
3. Executive Chairman Banco Santander, Ana Botin
4. Managing Director & CEO Macquarie, Shemara Wikramanayake
5. CEO Engie, Catherine MacGregor
6. Chair of the Executive Board & CEO Merck, Belen Garijo
7. Chairwoman & President Gree Electric Appliances, Dong Mingzhu
8. CEO Aviva, Amanda Blanc
9. CEO H&M, Helena Helmersson
10. CEO ThyssenKrupp, Martina Merz
11. Vice President & Managing Director Greater China Apple, Isabel Ge Mahe
12. CEO NatWest Group, Alison Rose
13. CFO Alibaba, Maggie Wu
14. Presiden Ardian, Dominique Senequier
15. CEO Fortescue Metals Group, Elizabeth Gaines
16. Chair of Executive Board Achmea, Bianca Tetteroo
17. President Director & CEO Pertamina, Nicke Widyawati
18. CEO Vattenfall, Anna Borg
19. CEO LGIM, Michelle Scrimgeour
20. Deputy Chairman & CEO Great Wall Motor, Wang Fengying

Nah untuk Urbanreaders yang ingin tahu daftar lengkap 100 wanita paling berpengaruh di dunia 2021 versi Majalah Fortune, kamu bisa simak di sini.

FYI guys, tahun lalu atau 2020, Nicke juga masuk dalam daftar wanita paling berpengaruh dunia versi Majalah Fortune loh. Kala itu, ia menempati posisi 16.⁣

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait