Jakarta - Guys, belum lama ini beredar di media sosial foto yang memperlihatkan sebuah mobil Daihatsu Ayla beradu dengan motor Honda CBR 1000 RR SP. Dalam foto itu, tampak bagian bemper mobil Ayla penyok, sementara motor CBR terjatuh di tanah.

Pengendara motor pun menceritakan kronologis kejadian tersebut di Instagramnya. Ia menyebut dirinya ditabrak mobil Ayla lantaran pengendara mobil tidak terima digeber.

Hal yang menarik adalah motor gede (moge) yang ditabrak itu harganya jauh lebih mahal dari pada mobil yang menabrak motor tersebut. Honda CBR 1000 RR SP merupakan sebuah moge yang ditawarkan dengan harga sekitar Rp 700 juta. Kasus ini terlihat ironis mengingat Ayla adalah mobil yang dipasarkan dengan harga sekitar Rp 100 juta.

Dengan harga yang selangit, seperti apa sih spesifikasi motor gede tersebut? Berikut ulasannya!

Melansir berbagai sumber, soal spesifikasi, Honda CBR 1000 RR SP merupakan motor sport full fairing dengan mesin 1000 cc empat silinder segaris. Motor ini pun telah dibekali dengan sistem suspensi Ohlins dan sistem pengereman besutan Brembo.

Fitur canggih yang tertanam dalam Honda CBR 1000 RR SP adalah Honda Electronic Steering Damper (H.E.S.D) yang secara elektrik mampu mengontrol karakteristik damping force berdasarkan kecepatan dan akselerasi untuk menghasilkan handling yang stabil.

Fitur ini pun diklaim jadi fitur pertama di dunia yang hadir dengan hydraulic steering damper yang dikontrol secara elektrik. Jadi, tak heran jika motor yang mampu melesat hingga kecepatan sekitar 300 kilometer/jam itu jadi salah satu motor impian para pecinta moge.

Nah, selain itu, ada juga sejumlah keunggulan Honda CBR 1000 RR SP, di antaranya: 

1. Mesin berkapasitas 1000 CC: DOHC Inline – Four Engine. – Liquid-Cooled, 4-Stroke, 16-Valve, 6-Speed, PGM-DSFI (Programmed Dual Sequential Fuel Injection) with Assist Sliper Clutch (tipe yang sama dengan RCV 212V) and Piston & Con-Rod Grading by Weight.

2. Suspension System: Suspensi depan upside down OHLINS NIX30 dan suspensi belakang OHLINS TTX36 berkolaborasi dengan swing arm tipe ‘Gul-Wing’ berbahan aluminium untuk menghasilkan Balance-Free Rear Cushion (pertama di dunia).

3. Braking System: Sistem pengereman canggih Combined-ABS dikontrol secara elektronis, dilengkapi dengan kaliper rem depan BREMBO Monobloc 4 piston (pertama di dunia), teknologi eC-ABS untuk supersport bike.

4. Special Tire: Siap melesat cepat di sirkuit maupun jalan raya dengan daya cengkram tinggi dari ban Pirelli Diablo Supercorsa SC Premium.

5. Honda Electronic Steering Damper (H.E.S.D): Teknologi canggih yang secara elektronis mengontrol karakteristik damping force berdasarkan kecepatan dan akselerasi untuk menghasilkan handling kuat dan stabil (pertama di dunia, Hydraulic Steering Damper yang dikontrol secara elektronis).

6. Lightweight Aluminium Frame: Jadilah sang juara dengan kelincahan dan pengendalian traksi tak terbandingkan dari rangka ringan bertipe alumunium kembar komposit 4 bagian yang dirancang khusus menyesuaikan suspensi Ohlins.

7. Honda Ignition Security System (H.I.S.S): Immobilizer Honda ciptakan keamanan kelas dunia dengan kunci kontak canggih yang terhubung pada sistem elektronik.

8. Ohlins Suspension: Memiliki performa superior suspensi dengan upside down Ohlins NIX30 dan suspensi belakang OhlinsTTX36 yang mampu menyesuaikan diri di berbagai kondisi.

9. Brembo Monobloc Front Caliper: Pengereman kelas dunia dengan cengkraman pakem pada rem cakram dengan kaliper rem depan Brembo monobloc 4 piston.

10. Revolutionary ec-ABS: Tantang segala medan bersama sportbike pertama dunia dengan pengereman revolusioner, Combined-ABS yang dikontrol secara elektronis sehingga mampu mendistribusi dan menyesuaikan hentakan pengereman pada ban motor.

11. LCD Instruments: Tampilkan informasi akurat dari instrumentasi LCD layar penuh lengkap dengan pengukur kecepatan putaran, penghitung perjalanan dan konsumsi bahan bakar, indikator perpindahan 5 tingkat yang dapat disesuaikan, indikator letak gigi dan fungsi memori peak-rpm.

Saat ini, beberapa diler Honda, seperti Honda Cengkareng, masih menjual unit CBR1000RR SP. Pada situs resminya, CBR1000RR SP dibanderol Rp 699.000.000 (OTR Jakarta). Apabila dibandingkan dengan Ayla, maka bisa ditukar enam unit Ayla tipe D yang harganya hanya Rp 102.150.000 (OTR Jakarta).

Komentar
paper plane