URsport

Berantas Mafia Bola, Erick Thohir: Pengatur Skor Bakal Dihukum Seumur Hidup

Tim Urbanasia, Selasa, 21 Februari 2023 16.27 | Waktu baca 1 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Berantas Mafia Bola, Erick Thohir: Pengatur Skor Bakal Dihukum Seumur Hidup
Image: Menteri BUMN sekaligus Ketum PSSI, Erick Thohir. (Dok. Sekretaris Kabinet)

Jakarta - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir menegaskan akan memberikan kartu merah berupa hukuman seumur hidup bagi mafia bola yang terlibat dalam pengaturan skor.

“Yang jelas-jelas terkena permainan mengatur skor ini, akan dihukum seumur hidup” ujar Erick dikutip dari video di akun Instagram pribadinya, Selasa (21/2/2023).

Hukuman tersebut akan berlaku untuk siapapun termasuk pemain, wasit, Pemilik klub, sampai kepada pengurus klub sepak bola.

Erick juga menyampaikan bahwa PSSI menjaga momentum bersama FIFA untuk melakukan pemberantasan mafia bola yang akan diterapkan di seluruh wilayah FIFA.

“Ketika kita menghukum individu yang bermain di Indonesia, maka ini berlaku di seluruh wilayah FIFA,” tegasnya.

Di sisi lain, Director Member Associations Asia and Oceania, Sanjeevan C Balasingam menyebut FIFA siap membantu PSSI dalam memberantas masalah mafia bola termasuk pengaturan skor.

“FIFA tidak mentoleransi atau segala bentuk aktivitas yang bisa mempengaruhi hasil akhir dari pertandingan," ujarnya.

Oleh karena itu, FIFA akan menyediakan online contingency platform yang bisa digunakan oleh PSSI sebagai media pelaporan mengenai tindakan-tindakan yang dicurigai mengenai pengaturan skor. 

Selain itu, PSSI juga mengajak pihak Kepolisian serta Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Menpora) untuk sama-sama memberantas mafia bola agar terciptanya sepak bola yang bersih dan berprestasi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait