URsport

Mundur dari Waketum PSSI, Yunus Nusi Beri Jalan untuk Menpora Zainudin Amali

Tim Urbanasia, Jumat, 17 Februari 2023 09.41 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mundur dari Waketum PSSI, Yunus Nusi Beri Jalan untuk Menpora Zainudin Amali
Image: Sekjen PSSI Yunus Nusi. (Instagram/yunusnusi_official)

Jakarta - Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI diwarnai drama terutama dalam pemilihan wakil ketua umum PSSI. Setelah pemilihan sempat diulang, sosok yang terpilih pada pemilihan ulang justru mengundurkan diri. 

Sosok itu adalah Yunus Nusi. Dalam pemilihan pertama ia mendapat suara terbanyak. Kemudian pada pemilihan kedua, ia kembali terpilih bersama Ratu Tisha. 

Namun, beberapa saat setelah dinyatakan terpilih, sosok yang kini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI itu justru mundur sehingga posisinya ditempati oleh Menpora Zainudin Amali. 

Yusri pun memberikan alasan mundurnya itu. Menurutnya, keputusan mundur itu diambil untuk memberikan jalan bagi Zainudin Amali untuk berkiprah dan memajukan sepak bola tanah air. 

Zainudin Amali, kata Yunus, lebih pantas menjadi wakil ketua umum PSSI atas kiprahnya selama ini dalam perkembangan dunia sepak bola. 

“Selama tiga tahun terakhir saya bersama beliau, saya mengetahui persis bagaimana beliau berupaya memajukan sepak bola Indonesia," kata Yunus setelah Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, Kamis (26/2/2023) malam.

Meskipun rela melepas jabatan sebagai Waketum, dirinya mengaku belum mengetahui bagaimana nasib kedepannya sebagai Sekjen PSSI tersebut. 

Yunus sepenuhnya menyerahkan perihal itu kepada pengurus baru PSSI yang dipimpin oleh Ketua Umum periode 2023-3027 yakni Erick Thohir.

Sebelumnya, pada pemilihan posisi Waketum PSSI 2023-2027 di KLB, Kamis (16/2/2023) lalu, muncul banyak protes sehingga dilakukannya pengulangan.

Awalnya, Menpora Zainudin Amali dan Sekjen PSSI Yunus Nusi terpilih menjadi Waketum PSSI 2023-2027. Zainudin Amali diketahui mendapatkan 66 suara dari para voter dan Yunus mendapatkan 63 suara. 

Untuk calon lain yakni Sekjen PSSI 2017-2020 Ratu Tisha Destria, dinyatakan gagal menjadi Waketum karena hanya mendapatkan 41 suara.

Mengetahui hal tersebut, voter memprotes pemilihan pertama karena menduga adanya kecurangan suara yang tidak dihitung pada beberapa calon seperti Ratu Tisha, Ahmad Syauqi Suratno, dan Ahmad Riyadh.

Sesuai kesepakatan bersama, akhirnya pemilihan tersebut diulang dengan hasil Ratu Tisha mendapatkan 54 suara dan Yunus dengan 53 suara. Menpora Zainudin Amali hanya menduduki peringkat ketiga suara terbanyak dengan 44 suara.

Ratu Tisha dan Yunus Nusi  pun dinobatkan menjadi Wakil Ketua Umum PSSI 2023-2027. 

Namun seperti keterangan awal, Yunus memilih mundur sehingga Zainudin Amali berhak menjabat sebagai Waketum PSSI 2023-2027.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait