URsport

Gelar Turnamen Panjat Tebing Dunia, Indonesia Siap Jadi 'Raja' di Rumah Sendiri

William Ciputra, Sabtu, 10 September 2022 16.03 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Gelar Turnamen Panjat Tebing Dunia, Indonesia Siap Jadi 'Raja' di Rumah Sendiri
Image: Yenny Wahid selaku Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) usai jumpa pers di Kawasan SCBD, Sabtu, 10 September 2022. (Urbanasia/William)

Jakarta - Indonesia akan menjadi tuan rumah Turnamen Panjat Tebing Internasional. Turnamen yang akan melibakan 27 negara ini akan dihelat pada 24-26 September 2022 d Lot 16-17 SCBD Park, Sudirman, Jakarta.

Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenni Wahid menuturkan, Indonesia ditunjuk oleh International Federation of Sport Climbing (IFSC) sebagai tuan rumah karena dinilai mampu melaksanakan event internasional ini.

"IFSC percaya Indonesia dan FPTI mampu menjadi tuan rumah event internasional, kami memiliki kapasitas dan pengalaman dalam menyiapkan event olahraga dunia," ujarnya dalam jumpa pers di Restoran Batik Kuring, SCBD, Jakarta, Sabtu (10/9/2022). 

Menurut Yenny, Indonesia akan menurunkan 42 atlet yang terdiri dari 22 atlet speed dan 20 atlet lead. Mereka terdiri dari kategori speed putra 12 orang dan putri 10 orang, sedangkan kategori lead 10 putra dan 10 putri.

Yenny menjelaskan, kategori speed akan mengutamakan kecepatan, sedangkan kategori lead lebih mengedepankan teknik dalam melahap arena panjat tebing yang nanti akan dilombakan.

Selain menjadi tuan rumah, Yenny berharap Indonesia mampu menjadi raja di rumah sendiri lantaran track record atlet Indonesia di turnamen dunia cukup menjanjikan. 

Harapan ini cukup realistis jika melihat catatan atlet panjat tebing Indonesia dalam turnamen sebelumnya. Pada 2021, kata dia, atlet nasional panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo, mencetak rekor dunia saat bertanding pada kompetisi internasional, IFSC Boulder World Cup 2021 di Kota Salt Lake, Amerika Serikat. 

Kala itu Veddriq Leonardo mencetak rekor pada babak final, saat bersaing dengan sesama atlet panjat tebing Indonesia, Kiromal Katibin. Veddriq Leonardo mencatatkan waktu 5,208 detik dan dinobatkan sebagai juara kategori men's speed pada IFSC Boulder World Cup 2021.

Sedangkan pada tahun 2022, Kiromal Katibin mencetak rekor dunia atas namanya sendiri saat berlaga pada kompetisi internasional, IFSC World Cup 2022 di Chamonix, Perancis (8/7/2022) dengan torehan waktu 5,00 detik. 

Oleh karena itu, Yenny mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk hadir dan menyaksikan ajang bergensi turnamen panjat tebing dunia ini sembari memberikan dukungan maksimal untuk para atlet nasional Indonesia yang akan berjuang pada turnamen kali ini. 

"Cara nonton gratis, tinggal datang. Namun jangan lupa sudah vaksin boster dan mengikuti standar pencegahan dan penularan Covid 19," demikian Yenny Wahid.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait