URsport

Tak Punya Duit, Persipura Enggan Tampil di Piala AFC 2021

Rezki Maulana, Jumat, 8 Januari 2021 11.09 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tak Punya Duit, Persipura Enggan Tampil di Piala AFC 2021
Image: Persipura Jayapura mundur dari Piala AFC 2021. (Liga Indonesia)

Jayapura - Persipura Jayapura seharusnya tampil di Piala AFC 2021 sebagai wakil Indonesia. Tapi, persoalan keuangan membuat Tim Mutiara Hitam mundur. Duh!

Persipura sejatinya jadi wakil Indonesia di Piala AFC bersama Bali United. Ini diputuskan setelah Liga 1 2020 dihentikan Maret lalu karena pandemi virus corona. Sebelumnya Persija Jakarta yang sempat ditunjuk setelah PSM Makassar sebagai juara Piala Indonesia tidak lolos verifikasi AFC.

Tapi, karena penunjukkan itu tidak sesuai aturan AFC maka dibatalkan. Nah, Persipura sebagai tim peringkat ketiga pada Liga 1 2019 berkesempatan tampil di ajang antarklub Asia. Ini seharusnya jadi kebanggaan masyarakat Papua.

Meski demikian, Persipura malah membuat keputusan mengejutkan ketika mengumumkan pembubaran tim lewat media sosial, Rabu (6/1/2021) malam WIB kemarin.Mereka terkendala masalah karena salah satu sponsor yang menolak membayar sisa kontrak.

"Kami sangat sayangkan situasi ini, padahal kita punya kesempatan untuk berlaga di AFC CUP 2021, karena tidak mungkin kita paksakan tim berjalan tanpa membayar gaji pemain, pelatih dan ofisial," ujar Persipura soal pembubaran tim tersebut.

Nah, ini tentunya jadi kerugian tak hanya buat Persipura yang kehilangan jatah bermain di Asia, tapi juga PSSI dan Bali United. Sebab menurut aturan AFC, PSSI akan disanksi dan perwakilan federasi akan dihapus jatahnya, jika salah satu tim tidak mengambil jatah itu.

Jacksen F Tiago selaku pelatih Persipura belum bisa berkomentar banyak karena baru tahu dari media. Dia pun akan berdiskusi langsung dengan pihak klub untuk mengetahui langkah apa yang selanjutnya akan diambil.

Keputusan mundur ini juga patut dipertanyakan mengingat babak playoff zona ASEAN baru akan dimainkan 18-19 dengan sistem satu leg. Sehingga Persipura sebenarnya juga punya waktu banyak untuk mencari sponsor demi mendukung kiprahnya di Piala AFC.

"Mohon maaf saya baru tahu kabar itu dari media. Tidak banyak yang bisa saya ceritakan," tutur Jacksen.

"Kalau sampai kapan dibubarkan, semua sudah jelas kan di pengumuman itu. Termasuk soal Piala AFC, saya baca juga begitu," sambungnya.

"Kita doakan saja semoga ada keajaiban yang terjadi nanti," tutup Jacksen.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait