menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Spotify Hadirkan Layanan Langganan Podcast Berbayar

Afid Ahman,
9 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Spotify Hadirkan Layanan Langganan Podcast Berbayar
Image: Spotify

Jakarta - Tak ingin kalah dengan Apple, Spotify turut menghadirkan layanan langganan podcast berbayar. 

Layanan ini akan hadir di Amerika Serikat terlebih dulu pekan depan, lalu akan diperluas ke negara lain dalam beberapa bulan kemudian.

"Tujuan kami adalah membantu podcaster memaksimalkan pemirsa langganan mereka dan mengembangkan mereka dari basis pendengar yang ada," kata Spotify.

Perusahaan streaming asal Swedia ini berharap dapat menarik kreator ke platformnya. Sebab mereka tidak memotong sedikit pun dari biaya berlangganan tadi selama dua tahun pertama. Ditambah lagi podcaster dimungkinkan untuk menetapkan harga langganan konten mereka sendiri. 

Ini berbeda dari Langganan Podcast Apple. Raksasa teknologi asal Cupertino itu berencana untuk mengambil sebagian besar pendapatan sebagai komisi, tepatnya 15-30%. Nilai itu di luar biaya tahunan keanggotaan.

Podcast berbayar sendiri dapat dilakukan lewat aplikasi. Namun jika mereka ingin berlangganan mereka harus keluar dari aplikasi dan membayar melalui Anchor.

Seperti diketahui Spotify begitu getol mengembangkan layanan podcastnya. Sampai-sampai mereka menggelontorkan banyak dana untuk membeli jaringan podcast Gimlet dan Anchor, serta perusahaan iklan podcast Megaphone.

Mereka pun membuat pemrograman podcast eksklusif dengan menghadirkan sosok terkenal, seperti Joe Rogan, Obama, hingga Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait