beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Stop Boros, Simak Tips Biar Nggak Impulsive Buying!

Alfian Muntahanatul Ulya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Stop Boros, Simak Tips Biar Nggak Impulsive Buying!
Image: Ilustrasi belanja online (Freepik/Freepik)

Jakarta - Urbanreaders pasti pernah secara tidak sadar scrolling marketplace dan menghabiskan uang dengan mudahnya, bahkan tidak mempertimbangkan barang itu penting atau tidak. Kebiasaan ini disebut impulsive buying.

Impulsive buying ini merupakan perilaku seseorang yang cenderung membuat keputusan secara tiba-tiba saat membeli suatu produk atau jasa. Namun, ketika kamu sudah selesai membayarnya atau barang itu dalam pengiriman, kamu baru menyadari dan bertanya mengapa kamu membelinya.

Jika kamu pernah mengalami hal itu, kamu tidak sendirian, karena perilaku impulsif ini sering dilakukan oleh banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara mengendalikan diri sendiri.

Nah, supaya kamu tidak lagi impulsif dalam berbelanja, Urbanasia telah merangkum beberapa tips ini untukmu.

1. Buat Waktu Tunggu saat Ingin Impulsif

1660908866-tips-1.jpgSumber: Tips Biar Nggak Impulsive Buying. (pexels.com)

Ketika kamu sedang asyik scroll marketplace dan melihat sesuatu yang kamu idam-idamkan, cobalah untuk memberi jeda waktu untuk tidak langsung membelinya.

Sebagai contoh, terapkan waktu selama 24 jam atau lebih untuk menahan diri dari membeli barang itu. 

Jika dalam waktu lebih dari yang kamu tentukan, kamu masih punya keinginan untuk membelinya, kamu boleh melanjutkan ke pembayaran. Tapi, jika sudah lewat dalam waktu yang kamu tetapkan dan kamu tidak terlalu menginginkannya, lebih baik lupakan saja. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait