beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Awas! Luhut Prediksi Puncak Varian Baru COVID-19 Terjadi 2 Bulan Lagi

Nivita Saldyni, 5 November 2022 00.18.17
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Awas! Luhut Prediksi Puncak Varian Baru COVID-19 Terjadi 2 Bulan Lagi
Image: Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. (Instagram/Luhut.pandjaitan)

Jakarta - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memprediksi puncak gelombang COVID-19 varian baru akan terjadi satu hingga dua bulan lagi. 'Ramalan' itu disampaikan Luhut dalam postingan terbarunya di Instagram, Jumat (4/11/2022). 

"Berdasarkan berbagai data yang telah kami amati dan berangkat dari trajectory kasus COVID-19 yang lalu, puncak gelombang berbagai varian baru ini diperkirakan akan terjadi pada satu hingga dua bulan kedepan," ujar Luhut. 

Untuk itu Luhut berpesan agar seluruh masyarakat tetap waspada dan cermat. Terlebih dalam Rapat Koordinasi Evaluasi PPKM Jawa Bali yang digelar pagi ini Luhut menerima laporan adanya indikasi kenaikan kasus COVID-19 yang sudah menyentuh angka 5.000 kasus dalam satu minggu terakhir. 

Kenaikan kasus ini diduga dipengaruhi oleh varian baru Omricron XBB yang sudah masuk ke Indonesia. 

Khususnya, imbuh Luhut, peningkatan kasus konfirmasi harian terlihat di seluruh Provinsi Jawa dan Bali. Peningkatan angka kematian juga terjadi, utamanya di Jawa Tengah dan DIY yang naik cukup signifikan.

Dengan adanya kondisi tersebut, Luhut memastikan pemerintah telah menyiapkan berbagai langkah mitigasi untuk mencegah terjadinya lonjakan varian baru yang lebih parah. 

Salah satunya dengan meningkatkan kembali capaian vaksinasi booster dan terus menggunakan PPKM Level sebagai basis pengetatan kegiatan masyarakat. 

"Rasanya saya tidak akan pernah jenuh untuk mengingatkan seluruh masyarakat agar terus taat dan mematuhi protokol kesehatan demi mencegah hal buruk lainnya yang kelak terjadi," pungkas Luhut. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait