beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Bukan Cuma Adidas, 4 Brand Ini Juga Depak Kanye West

Priscilla Waworuntu, 27 Oktober 2022 17.28.07
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bukan Cuma Adidas, 4 Brand Ini Juga Depak Kanye West
Image: Kanye West. (Instagram/kanyethegoatwest)

Jakarta - Adidas ternyata bukan satu-satunya brand yang memutuskan kerja sama dengan Kanye West. Sebelumnya sudah ada 4 brand yang mendepaknya, sehingga total ada 5 brand dengan Adidas. 

Masing-masing brand memiliki alasan tersendiri saat memutus kontrak dengan Kanye West. Namun secara umum, keputusan itu diambil karena tingkah laku dan perkataan yang dilontarkan West ke publik. 

Pada acara Paris Fashion Week, Kanye West menjadi sorotan karena mengenakan pakaian bertuliskan ‘White Lives Matter’. Kalimat itu dianggap menyinggung white supramacy yang menjadi salah satu isu di Barat. 

Teranyar, West kedapatan melontarkan pernyataan bernada ‘antisemit’ dalam acara podcast yang dihadirinya. Hal ini yang membuatnya didepak dari Adidas beberapa hari lalu.

Nah, berikut adalah beberapa list brand yang tidak ingin lagi bekerja sama dengan Kanye West.

1. GAP 

1663824309-GAP.pngSumber: Pinterest/GAP

Pada pertengahan September sebelum adanya kekacauan di Paris Fashion Week, Kanye memang sudah memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak dengan Gap. 

“Khususnya, Gap tidak membantah bahwa ia telah gagal selama lebih dari dua tahun untuk menjual satu produk di satu toko Gap, termasuk salah satu dari 500+ cerita di Amerika,” ungkap Kanye di Instagram resminya.

Pihak Gap pun juga tidak membantah bahwa mereka telah gagal selama lebih dari dua tahun untuk membuka satu toko khusus di mana pun di dunia.

2. Twitter dan Instagram 

pengguna twitter.jpgSumber: Ilustrasi Twitter (Pixabay)

Akun yang dimiliki oleh Kanye West sempat ditangguhkan pada 10 Oktober lalu. Hal ini karena postingan 'Antisemit' yang ia unggah, yang menampilkan tangkapan layar percakapannya dengan Sean ‘Diddy’ Combs. Dalam percakapan itu, Kanye Weest menuduh Diddy dikendalikan oleh orang-orang Yahudi. 

Di Twitter, rapper itu mengancam melalui Twitter untuk ‘mematikan penipuan 3 pada ORANG YAHUDI’ dan mulai menyindir label ‘DEFCON’ dari sistem peringatan kesiapan kondisi pertahanan Amerika Serikat. 

Karenanya, kedua perusahaan mengatakan mereka telah menghapus konten ofensif yang diposting oleh pria yang akrab disapa Ye itu dan membatasi akunnya. Durasi pembatasan tidak diketahui.

3. Balenciaga 

1666840781-balenciaag.pngSumber: Ilustrasi Balenciaga. (PIXABAY/alpattini)

Selanjutnya, Balenciaga juga telah memutus hubungan kerja dengan Ye pada 21 Oktober silam, sehari sebelum peragaan ‘White Lives Matter’ diadakan. 

“Balenciaga tidak lagi memiliki hubungan atau rencana untuk proyek masa depan yang terkait dengan artis ini,” kata perusahaan induk merek tersebut dalam sebuah pernyataan singkat.

4. Adidas

1666840853-adidas.pngSumber: Ilustrasi Adidas. (PIXABAY/sbl0323)

Brand keempat adalah Adidas yang juga memutuskan kerja samanya setelah meninjau postingan Kanye West yang mengatakan bahwa Adidas mencuri ide dan desain yang ia buat dalam merek Yeezy. 

Kemudian pada 25 Oktober, Adidas menegaskan telah mengakhiri hubungan kerja sama dengan Kanye West setelah ‘tinjauan menyeluruh’ yang dilakukan.

5. Foot Locker

1666841038-foo.pngSumber: Ilustrasi foot locker. (PIXABAY/ArtisticOperation)

Pada 25 Oktober Foot Locker juga menarik seluruh produk Yeezy dari tokonya. Kemudian, produk Yeezy akan ditaruh di loker bagian belakang untuk menunggu instruksi lebih lanjut. 

"Foot Locker, Inc. tidak mentolerir segala bentuk antisemitisme, atau perilaku kebencian dan diskriminatif," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. 

Meskipun Foot Locker tetap menjadi mitra Adidas dan membawa berbagai macam koleksi mereka, Foot Locker tidak akan mendukung produk Yeezy yang akan dirilis di masa mendatang, dan mereka  telah menginstruksikan operator ritel untuk menarik produk apa pun yang ada di rak dan situs digital Foot Locker.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait