beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Hari Batik Nasional, Fashion Show Batik di Sudirman Pecahkan Rekor MURI

Izzah Putri Jurianto, 2 Oktober 2022 21.26.06
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Hari Batik Nasional, Fashion Show Batik di Sudirman Pecahkan Rekor MURI
Image: Catwalk terpanjang di Hari Batik Nasional, Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (2/10/2022). (Instagram/@ybi.official)

Jakarta - Dalam rangka menyemarakkan Hari Batik Nasional yang jatuh pada hari ini, Minggu (2/10/2022), telah digelar sejumlah acara bertema pameran batik di Jakarta. 

Salah satu event yang cukup ramai adalah Batik Street Fashion Show yang bertempat di sepanjang Jalan Sudirman. 

"Untuk mengisi pembukaan sekaligus puncak Hari Batik Nasional, Batik Street Fashion Show telah digelar di sepanjang Jalan Sudirman, tepatnya dari area Bundaran Senayan hingga depan Mall FX," ujar Ketua Pelaksana Hari Batik Nasional 2022, Nini Djan Faridz, dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (2/10/2022). 

Event ini nampaknya sangat membekas, hingga MURI mencatatnya sebagai Peragaan Busana Batik dengan Catwalk Terpanjang di CFD sepanjang 600 meter. 

Tak hanya peragaan busana, Hari Batik Nasional ini juga dirayakan secara simbolik dengan membentangkan kain batik sepanjang 450 meter di railing lantai 2 lobi di Mal FX. 

Ketua Umum Yayasan Batik Indonesia (YBI), Gita Pratama, menyatakan bahwa organisasi mereka memang berinisatif untuk mengkampanyekan batik kepada masyarakat Indonesia. Ditambah, YBI juga punya lisensi resmi sebagai anggota Non-Governmental Organization (NGO) UNESCO. 

Kampanye 'Sebarkan Ba(t)ik' oleh YBI mengumpulkan suara-suara dari berbagai komunitas dan organisasi pencinta batik untuk bersama-sama melestarikannya. 

"YBI berkomitmen untuk memberikan pandangan baru pada masyarakat, bahwa batik tak harus jadi sesuatu yang formal. Batik pun bisa dikreasikan untuk kegiatan sehari-hari," jelas Gita. 

Informasi lebih lanjut mengatakan bahwa rangkaian acara Hari Batik Nasional akan dilangsungkan hingga tanggal 9 Oktober 2022, yang berlokasi di mal kawasan Sudirman. Acara ini akan diramaikan oleh 27 pengrajin batik di Indonesia. 

Sejarah Hari Batik Nasional

Hari Batik Nasional di Indonesia awalnya ditetapkan oleh Presiden ke6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Keputusan ini diambil berkat Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB yang menilai batik sebagai Warisan Budaya Nonbendawi. 

Penetapan Hari Batik Nasional ini dituangkan di Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional yang diresmikan pada 17 November 2009. 

Selamat Hari Batik Nasional dan jaya selalu, batik Indonesia! Mari kita bangga berbatik! 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait