beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Tim Labfor Polri Turun Tangan Pelajari Sampel Pasien Gangguan Ginjal Akut

William Ciputra, 31 Oktober 2022 17.16.06
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tim Labfor Polri Turun Tangan Pelajari Sampel Pasien Gangguan Ginjal Akut
Image: Ilustrasi gangguan ginjal akut. (Freepik/gstudioimagen1)

Jakarta - Laboratorium Forensik (Labfor) Polri turut serta melakukan penyelidikan terkait kasus gangguan ginjal akut yang menimpa sejumlah anak di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir. 

Menurut Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo, Tim Labfor Polri akan mempelajari sampel pasien gagal ginjal akut yang sedang menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit. 

Dalam hal ini, Tim Labfor Polri akan bekerja bersama dengan sejumlah pihak seperti BPOM dan Kementerian Kesehatan.

“Penyidik masih mempelajari hasil sampel dari laboratorium di seluruh Indonesia yang ada pasien gagal ginjal,” kata Dedi melansir Antara, Senin (31/10/2022). 

Dedi menambahkan, sampel yang akan diambil dan dipelajari meliputi obat yang diminum, sampel darah, sampel urine, hingga rekam medis pasien. 

Menurut Dedi, sampel yang sudah diambil itu akan dikumpulkan dan diuji di Labfor Polri. Diharapkan, hal ini akan membantu dalam mengetahui penyebab pasti dari penyakit tersebut. 

“Setelah itu (dikumpulkan), dianalisis dan dirapatkan dengan para ahli, baru nanti dibuat suatu kesimpulan,” imbuh dedi. 

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, gangguan ginjal akut hingga tanggal 24 Oktober mencapai 245 kasus yang tersebar di 26 wilayah di Indonesia. 

Dari jumlah tersebut, sebanyak 141 pasien dinyatakan meninggal dunia, 66 pasien dirawat, dan 38 pasien sudah dinyatakan sembuh. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait