beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Survei SMRC: Umumnya Warga Nggak Suka Habib Rizieq

Nivita Saldyni,
lebih dari 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Survei SMRC: Umumnya Warga Nggak Suka Habib Rizieq
Image: Imam Besar FPI Rizieq Shihab dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11/2020) malam (Front TV/Youtube)

Jakarta - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) baru saja merilis hasil survei terbarunya terkait keberadaan Front Pembela Islam (FPI) dan pimpinannya, Rizieq Shihab. Hasilnya, Rizieq Shihab tak begitu populer dan tak terlalu disukai di banding sejumlah tokoh lainnya.

Temuan itu diungkapkan oleh Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas Ph.D dalam rilis survei terbaru SMRC bertajuk 'Sikap Publik Nasional terhadap FPI, MRS, dan Respons Pemerintah' di Jakarta, Kamis (26/11/2020). Hasilnya, hanya 43 persen dari 73 persen warga Indonesia yang tahu atau pernah dengar nama Muhammad Rizieq Shihab (MRS) yang menyukai sosoknya.

"Survei SMRC dilakukan melalui wawancara per telepon pada 18 - 21 November 2020 dengan melibatkan sampel sebanyak 1.201 responden yang dipilih secara random. Margin of error survei diperkirakan +/- 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen," kata Abbas lewat keterangan tertulis yang diterima Urbanasia, Kamis (26/11/2020).

Abbas mengatakan jumlah tersebut jauh berada lebih rendah dibandingkan sejumlah tokoh nasional lain, seperti Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, Khofifah Indar Parawansa, Anies Baswedan, dan Agus Harimurti Yudhoyono yang disukai lebih dari 70 persen di antara warga yang tahu.

Menurut survei SMRC di bulan Oktober 2020, ada empat orang tokoh dengan tingkat kesukaaannya paling tinggi dan mencapai di atas 80 persen. Posisi pertama itu diduduki oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dengan tingkat kediusukaan yang sama, yaitu 85 persen.

Di posisi kedua ada mantan calon wakil presiden Sandiaga Uno dengan 74 persen, dan disusul Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dengan 83 persen. 

"Kemudian ada Agus Harimurti Yudhoyono dengan tingkat kedisukaaan 76 persen, Prabowo Subianto 75 persen, dan Anies Baswedan 74 persen di lapisan kedua," kata Abbas.

Artinya, MRS masih kalah pamor jika dibandingkan dengan tokoh besar lainnya nih guys. Sebab hanya 43 persen masyarakat yang mengaku menyukai sosok pemimpin FPI satu ini.

"Dengan demikian tingkat kedisukaan Rizieq Shihab yang hanya 43 persen, jauh di bawah kedisukaaan tokoh-tokoh tersebut," tutupnya.

Tingkat kedisukaan Rizieq Shihab ini ternyata miripan dengan tingkat kedisukaan masyarakat terhadap FPI guys. Dalam survei SMRC pada 18-21 November 2020, sekitar 69 persen warga tahu atau pernah dengar nama FPI dan hanya 43 persen di antaranya yang menyatakan suka.

Sebelumnya nama Rizieq Shihab kembali menjadi sorotan sejak kepulangannya ke Tanah Air pada 10 November 2020 lalu. Berbagai kontroversi pun muncul sejak kepulangannya itu. Mulai dari masalah penjemputan di bandara hingga pernikahan putrinya yang mengundang kerumunan massa.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait