menu
user

Jakarta - Telkomsel x Urbanasia menghadirkan 'Telkomsel URvideo competition 2020', sebuah kompetisi video pendek yang menggambarkan fenomena sosial, kultur dan keberagaman Indonesia menjadi sebuah karya yang ciamik.

Nantinya, video pendek kamu akan dinilai langsung oleh juri-juri berpengalaman yang super kece, yaitu Raditya Dika, Salman Aristo, dan Hilman Mutasi.

Sebagai juri di 'Telkomsel URvideo competition 2020', Raditya Dika punya tips bagaimana membuat video atau film pendek yang ciamik. Simak ulasannya yuk!

Menurut Raditya Dika, langkah pertama membuat video atau film pendek yang baik menentukan tema, dan pastikan tema tersebut dekat dengan diri kamu.

"Pertama-tama tentukan dulu tema apa yang mau kita buat. Pastikan tema ini dekat dengan diri kita, karena kita ingin mengeksplorasi tema ini dalam bentuk film pendek yang akan kita kerjakan," kata Raditya Dika saat dihubungi Urbanasia, Kamis (29/10/2020).

Nah, untuk bisa menentukan tema, diperlukan ide atau inspirasi kan? Menurut Raditya Dika, semua ide yang baik datang dari kegelisahan personal para pembuatnya.

"Coba ingat-ingat lagi kejadian apa yang membuat kalian resah atau pengalaman pribadi apa yang membuat kalian tidak lupa sampai sekarang, biasanya ada cerita menarik yang bisa diangkat di balik itu," jelas penulis sekaligus sutradara puluhan judul film itu.

Setelah itu, Raditya Dika melanjutkan, buatlah premis sederhana yaitu karakter + tujuan + halangan, sehingga film pendek kalian punya satu struktur naratif yang kuat.

Raditya Dika juga memberikan tips agar terhindar dari kesalahan yang kerap terjadi saat pembuatan video atau film pendek guys.

"Jangan terlalu pusing soal teknis produksi, untuk pemula fokus pada pembuatan cerita yang menarik yang bisa membuat orang tertarik menonton sampai habis. Sesuatu yang orang bisa relate dan nikmati," katanya.

Beberapa tips lainnya bisa kamu pelajari lewat video 'rahasia menulis skenario film' yang dibagikan di kanal YouTube Raditya Dika.

Ada juga tutorial mengenal format skenario di link berikut ini!

So, jangan sampai kelewatan kesempatan meraih total hadiah 160 juta rupiah! Catat, karya video terbaikmu ditunggu paling lambat sampai 10 November 2020!

Komentar
paper plane