beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Tanda Kulitmu Lagi Purging dan Cara Mengatasinya

Kintan Lestari,
16 Juni 2022 13.34.30 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tanda Kulitmu Lagi Purging dan Cara Mengatasinya
Image: Ilustrasi kulit purging. (Freepik/junne12)

Jakarta - Semua hal butuh adaptasi, termasuk kulitmu. Ketika kamu mencoba produk skincare baru, kulitmu juga beradaptasi. 

Saat memperkenalkan produk perawatan kulit baru ke rutinitas kecantikan, terkadang akan muncul reaksi seperti muncul jerawat atau kulit kering dan terkelupas. Melihat reaksi yang muncul, kamu mungkin berniat menghentikan pemakaian. Tapi jangan buru-buru setop pakai produknya, karena reaksi itu bisa saja pertanda produk sedang bekerja untuk membersihkan kulit dari dalam.   

Proses pembersihan kulit dari dalam ini biasa dikenal dengan istilah skin purging. Melansir Insider, skin purging merupakan reaksi negatif yang terjadi pada kulit akibat pengaruh kandungan bahan kimia tertentu, khususnya kandungan retinol dan asam seperti glycolic acid, lactic acid, atau salicylic acid.

Dokter kulit kosmetik dan medis bersertifikat di Institut Dermatologi Pulau Rhode, Caroline A. Chang mengungkap pembersihan kulit itu terjadi karena kandungan skincare yang baru diperkenalkan meningkatkan laju pergantian sel kulit, menyebabkan kulit melepaskan lebih banyak sel kulit mati daripada biasanya. 

Akhirnya, proses tersebut mendorong lapisan kulit mati dan juga membawa pori-pori tersumbat ke permukaan, yang mengakibatkan lebih banyak jerawat. Adapun tanda-tanda purging beragam, seperti whitehead, blackhead, papula, kulit kering, jerawat, sampai kulit terkelupas. Setiap orang bisa berbeda tanda purging dan durasi berlangsungnya. 

Lalu apa yang harus dilakukan ketika kulit mengalami purging? Kamu bisa melakukan cara-cara berikut ini.

- Tetap pakai skincare seperti biasa
- Jangan gunakan lebih dari satu produk exfoliant atau retinol sekaligus
- Selalu pakai sunscreen karena retinol bikin kulit lebih rentan terhadap sinar matahari
- Hindari produk tambahan yang mengandung bahan keras, seperti skincare dengan kandungan parfum tinggi
- Rutin pakai pelembap

Karena skin purging memiliki gejala yang mirip dengan jerawat atau breakout, banyak yang sulit membedakannya. Yang membedakan kedua hal itu adalah durasi dan area jerawatnya.

Skin purging umumnya bersifat sementara, paling lama sekitar  minggu. Lalu skin purging cenderung terjadi pada area wajah tempat jerawat biasa muncul. Jika jerawat atau iritasinya terjadi lebih dari  minggu dan ada di area yang bukan tempat jerawat biasa muncul, kemungkinan besar itu adalah breakout. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait