beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

5 Tips Menghindari Breakout saat Coba Skincare Baru

Kintan Lestari,
31 Maret 2022 16.27.33 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Menghindari Breakout saat Coba Skincare Baru
Image: Ilustrasi reaksi kulit wajah. (Pixabay/Andrea Piaquadio)

Jakarta - Setiap harinya pasti ada saja produk skincare baru yang klaimnya menggodamu untuk mencobanya. Apalagi kalau posisinya saat ini produk skincare kamu punya belum memberikan hasil maksimal.

Sudah tentu kamu akan membeli produk baru yang kamu rasa bisa menyelesaikan masalah spesifik kulitmu. Kamu mungkin antusias mencoba produk baru, tapi pasti ada sekelebat pertanyaan terlintas di pikiranmu "Produk ini cocok nggak ya?", "Bikin kulit breakout nggak ya?".

Yap, kamu antusias mencoba sekaligus takut produknya akan bikin breakout. Tenang, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari breakout ketika mencoba skincare baru. Apa saja?

1. Pilih Produk yang Sesuai Tipe Kulit

1636634427-pretty-face-beautiful-smiling-woman-posing-studio-isolated-white-wall.jpgSumber: Ilustrasi kulit wajah sehat (Freepik/diana_grytsku)

Tips pertama menghindari breakout saat coba produk baru tentu saja kamu harus mencari produk yang sesuai dengan tipe kulitmu. Sayangnya, masih banyak orang yang memilih skincare bukan berdasarkan tipe kulit, melainkan karena produknya lagi viral atau 'kata teman'. 

Padahal kalau tidak sesuai tipe kulit, mau produknya sebagus atau semahal apapun, hasilnya kemungkinan besar tidak akan cocok dengan kulitmu dan pasti bikin breakout.

2. Baca Kemasan Produknya

1624888734-rekomendasi-cleansing-oil---freepik-vkstudio.jpgSumber: Ilustrasi kemasan skincare. (Freepik/vkstudio)

Coba lihat kandungan produk skincare yang kamu beli. Apakah ada salah satu kandungannya yang akan punya reaksi berlawanan dengan skincare yang kamu pakai sekarang? Kalau iya maka jangan coba, bahkan jangan beli produk tersebut karena pasti akan menimbulkan masalah kulit baru atau tambah memperparah.

Contohnya kamu punya masalah jerawat dan beli obat totol jerawat yang ada kandungan Benzoyl Peroxide di dalamnya. Tapi ternyata skincare yang sekarang kamu pakai ada kandungan BHA. Kandungan BHA dan Benzoyl Peroxide tidak bisa dipakai bersamaan karena malah akan memicu jerawat aktif.

3. Lakukan Patch Test 

1642677246-skincare-pagi.jpgSumber: Ilustrasi pakai skincare di pagi hari. (Freepik/pressfoto)

Kesalahan banyak orang ketika mencoba produk skincare adalah mereka langsung mengaplikasikannya ke wajah seperti saat melakukan skincare routine harian. Yang benar adalah kamu perlu melakukan patch test dulu. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait