menu
user
URnews

Target Indonesia Bebas COVID-19 pada 17 Agustus, Epidemiolog: Tak Realistis

Nivita Saldyni,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Target Indonesia Bebas COVID-19 pada 17 Agustus, Epidemiolog: Tak Realistis
Image: Ilustrasi peta penyebaran virus corona. (Computerworld)

Yogyakarta - Pakar Epidemiologi Universitas Gadjah Mada (UGM), Bayu Satria Wiratama menilai target pemerintah untuk mengendalikan pandemi COVID-19 pada Hari Kemerdekaan RI 2021 tak realistis. Ia menilai, target tersebut sulit terealisasi. karena program 3T dan gerakan 5M masih kurang optimal.

"Targetnya tidak realistis. Dilihat dari upaya 5M dan 3T di Indonesia juga masih kurang bagus," kata Bayu dikutip dari rilis resmi UGM, Rabu (3/3/2021).

Bayu mengatakan, baik 3T atau program testing, tracing, dan treatment dari pemerintah dan gerakan 5M atau memakai masker, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi di masyarakat masih belum dilaksanakan secara ketat.

Menurutnya, penanganan COVID-19 di beberapa daerah berjalan baik, seperti Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur dan Sumatera Barat. Sisanya, masih banyak daerah yang harus melakukan evaluasi dalam pelaksanaan penanganan pandemi COVID-19.

"Dari sisi vaksinasi juga masih jauh. Program vaksinasi kita masih menemui banyak kendala, mulai dari supply, distribusi, dan prioritas," jelasnya.

Menurutnya vaksinasi COVID-19 di Indonesia masih jauh untuk dapat membantu membentuk kekebalan komunitas atau herd immunity dan mengeliminasi COVID-19 di Tanah Air.

Sebab herd immunity baru bisa terbentuk setelah mendapatkan vaksin yang artinya diperlukan sekitar 180 juta orang diberikan vaksin. Nah hal ini menurutnya baru bisa tercapai di akhir 2021 atau bahkan 2022.

Untuk itu, Bayu merekomendasikan agar gerakan 5M jangan sampai kendor dan kalau bisa lebih diperketat. Pemerintah daerah juga harus meningkatkan gerakan 3T dan mempercepat proses vaksinasi.

Sebelumnya, Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo menargetkan Indonesia bisa mengendalikan COVID-19 tepat di perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2021.

"Target kita adalah pada perayaan 17 Agustus yang akan datang, kita bebas dari COVID-19. Artinya, COVID-19 betul-betul dalam posisi bisa dikendalikan," kata Doni, Minggu (14/2/2021).

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait