beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Tayang di YouTube, Film Pendek 'Tilik' Berhasil Curi Perhatian Netizen

Nivita Saldyni,
19 Agustus 2020 15.48.59 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tayang di YouTube, Film Pendek 'Tilik' Berhasil Curi Perhatian Netizen
Image: YouTube Ravacana Films

Yogyakarta - Film pendek berjudul 'Tilik' tiba-tiba menjadi trending di Twitter, Rabu (19/8/2020). Bahkan dua tokoh dalam film pendek yang diproduksi 2018 lalu itu, Bu Tejo dan Dian ikut bertengger di jajaran top 10 trending Twitter hari ini loh. Kok bisa ya?

Nah, Tilik merupakan film pendek yang diproduksi oleh Ravacana Films dan bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 2018 silam. Film ini kembali menjadi perbincangan hangat netizen usai penayangan perdananya di YouTube, Senin (17/8/2020) lalu.

Film ini sendiri menceritakan tentang budaya menjenguk alias tilik dalam bahasa Jawa melalui perjalanan ibu-ibu dari suatu desa di Daerah Istimewa Yogyakarta. Mereka diceritakan pergi ke kota untuk menjenguk Bu Lurah di rumah sakit. Karena jarak yang jauh di tengah kota, mereka pun harus naik truk terbuka untuk bisa sampai ke sana.

Perjalanan 'Tilik' pun makin seru dengan bumbu-bumbu gosip hangat tentang si kembang desa bernama Dian dari Bu Tejo, salah satu tokoh sentral dalam film pendek tersebut.

Sementara Dian sendiri adalah warga desa yang masih muda dan cantik. Bahkan ia bisa dibilang sukses meski baru memulai kariernya. Tak heran kalau Dian jadi pusat perhatian warga di kampungnya.

Kisah yang sangat dekat dengan keseharian itu pun berhasil menarik perhatian netizen. Apalagi karakter Bu Tejo yang berhasil buat netizen gemas.

"Dadi wong wedok iku koyok Bu Tejo ngono; tas tes, ora klemar klemer tur solutif. Ojo malah niru pemain “Jeritan Istri” seng isone nangisan. ~ Calon Morotuwomu," cuit akun @NUgarislucu.

"Yawlohhh rasane pgn ku betot lambene Bu Tejo Iki loh.. relate bgt dah awowkwok," kata akun @EkaMeirly.

"BU TEJO HARUS ADA DI @YouTube REWIND 2020!!! @NetflixID TOLONG DIBUATIN SPIN OFF BU TEJO!!!," tulis akun @ElioAglio.

Untuk Urbanreaders ketahui, film yang disutradarai oleh Wahyu Agung Prasetyo ini nggak main-main. Tilik telah menjadi pemenang Piala Maya 2018 untuk kategori Film Pendek Terpilih, Official Selection Jogja-Netpac Asian Film Festival 2018, dan Official Selection World Cinema Amsterdam 2019.

Duh, pasti Urbanreaders yang belum nonton jadi makin penasaran kan? Nah, kamu bisa menonton Tilik di YouTube guys. Hati-hati, jangan sampai kebawa emosi ya melihat tingkah ibu-ibu satu ini!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait