beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Telkom Buka Suara soal Dugaan Kebocoran Data Pelanggan IndiHome

Shinta Galih,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Telkom Buka Suara soal Dugaan Kebocoran Data Pelanggan IndiHome
Image: Logo Telkom Indonesia. (Ilustrasi/telkom.co.id)

Jakarta - Telkom yang menjadi induk IndiHome buka suara terkait dugaan kebocoran data pelanggan layanan internet dan tv kabelnya. Mereka mengaku tengah melakukan investigasi internal atas kasus tersebut.

"Sehubungan dengan munculnya pemberitaan terkait kebocoran data pribadi pelanggan IndiHome, dapat kami sampaikan bahwa kami tengah melakukan koordinasi internal untuk mengecek dan memastikan validitas data dimaksud," terang Pujo Pramono VP Corporate Communication Telkom.

Lanjut ditegaskan kalau Telkom berkomitmen menjamin keamanan data pelanggan dengan sistem keamanan siber yang terintegrasi dan menjadikan hal tersebut sebagai prioritas utama mereka. Selain itu ditegaskannya bahwa Telkom tidak pernah mengambil keuntungan komersial apalagi memperjualbelikan data pribadi pelanggan. 

"Sebagai perusahaan terbuka yang dual listing, Telkom mematuhi etika bisnis, compliance dan tata kelola perusahaan sesuai peraturan perundangan yang berlaku," tegas Pujo.

"Kami akan terus berupaya meningkatkan pengamanan data pelanggan demi meningkatkan kenyamanan pelanggan," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan Kominfo mengaku tengah melakukan pendalaman atas laporan dugaan kebocoran data pelanggan IndiHome. Selain itu Kominfo akan segera melakukan pemanggilan terhadap manajemen Telkom untuk mendapatkan laporan dan langkah tindak lanjut terkait dugaan insiden tersebut.

"Kementerian Kominfo akan segera mengeluarkan rekomendasi teknis untuk peningkatan pelaksanaan perlindungan data pribadi Telkom, dan di saat bersamaan berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)," Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel A Pangerapan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait