menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Telkomsel dan Smartfren Pemenang Lelang Frekuensi 5G 2,3 GHz

Afid Ahman,
17 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Telkomsel dan Smartfren Pemenang Lelang Frekuensi 5G 2,3 GHz
Image: 5G (ilustrasi: Tech Radar)

 

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan hasil seleksi lelang frekuensi radio 2,3 Ghz. PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT Smart Telecom (Smartfren) dinyatakan sebagai pemenang frekuensi yang bakal digunakan untuk  jaringan 5G.

Dengan harga Rp 176,9 miliar per blok, Telkomsel mendapat dua blok, yakni A dan C.  Sementara Smartfren dengan harga lelangnya sebesar Rp176,5 miliar mendapat blok B.

Baca Juga: Apple Permak Desain iMac, Lebih Segar dan Warna-warni

Kementerian Kominfo memastikan jika tahapan seleksi belum selesai. Peserta seleksi baru dinyatakan sebagai Pemenang Seleksi jika telah diterbitkan Keputusan Penetapan Pemenang Seleksi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika.

Sebelumnya, lelang frekuensi 2,3 GHz kembali dibuka Kominfo pada pertengahan Maret 2021. Peserta yang mendaftar adalah Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata Smartfren dan Hutchison 3 Indonesia.

Namun dalam prosesnya hanya Smartfren, Telkomsel, dan XL Axiata yang menyerahkan dokumen permohonan seleksi lelang frekuensi.

Baca Juga: Diterpa Insiden Ponsel Terbakar, Vivo Malah Jadi Raja di China

Berbeda dengan lelang yang digelar 2020, tahun ini tender memungkinkan peserta lelang memborong semua blok kosong di rentang 2.360-2.390 MHz.

Lelang yang digelar 2020 sendiri dibatalkan oleh Kominfo. Padahal kala itu Telkomsel, Hutchison 3 Indonesia dan Smartfren sudah dinyatakan sebagai pemenang dengan penawaran lelang Rp114,867 miliar.

Kominfo  beralasan ingin  menyelaraskan proses seleksi yang tertuang dalam peraturan perundang-undangan terkait PNBP di Kominfo. 
 

-- 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait